Koreksi jadwal waktu salat berdasarkan ketinggian tempat : studi kasus Masjid Atta’awun Puncak Bogor

Atikah, Lina (2019) Koreksi jadwal waktu salat berdasarkan ketinggian tempat : studi kasus Masjid Atta’awun Puncak Bogor. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1502046011]
Preview
Text (Skripsi_1502046011)
full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Masjid Atta’awun merupakan salah satu objek wisata religi di wilayah Puncak Bogor karena memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjungnya. Namun, ada hal yang menarik ketika penulis mengunjungi masjid ini. Waktu salat Magrib disana tidak tepat dengan waktu salat Magrib yang dihitung secara manual. Perhitungan yang di lakukan ini dengan mempertimbangkan ketinggian tempat dan menurut penulis, bahwa hal inilah yang berimbas kepada ketidaktepatan waktu salat di masjid ini. Mengingat masjid Atta’awun berada pada ketinggian 1326,794 meter dpl termasuk daerah yang terpaut ekstrem jika dibandingkan dengan daerah lain di Kabupaten Bogor. Maka dari itu penulis merasa tertarik untuk mengkaji jadwal waktu salat yang digunakan oleh masjid Atta’awun.
Skripsi ini mengkaji dua permasalahan yaitu: 1) Bagaimana implementasi ketinggian tempat dalam perhitungan jadwal waktu salat Kemenag Kabupaten Bogor, dan 2) Bagaimana pengaruh koreksi ketinggian tempat jadwal waktu salat Kemenag Kabupaten Bogor terhadap masjid Atta’awun.
Penulis dalam melakukan penelitian menggunakan medote kualitatif dengan penelitian lapangan, dalam artian penulis melakukan observasi untuk mengumpulkan data-data primer. Data primernya bersumber dari hasil observasi lapangan secara langsung dengan menggunakan aplikasi google earth, software google maps, aplikasi GPS Test, dan aplikasi altimeter untuk mengetahui data koordinat dan juga ketinggian tempat Masjid Atta’awun. Selain itu juga data hasil dari wawancara langsung dengan pihak DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) Masjid Atta’awun, Kemenag Kabupaten Bogor, Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat, Tim BHRD (Badan Hisab Rukyat Daerah) Provinsi Jawa Barat, dan juga praktisi falak yang dianggap berkompeten untuk menjawab hal-hal yang berkaitan dengan kajian penelitian. Sedangkan data sekunder dalam penelitian ini penulis mengambil data dari software ephemeris sebagai data tambahan dan pelengkap dalam perhitungan jadwal waktu salat. Serta seluruh dokumen berupa buku- buku atau jurnal yang berkaitan dengan masalah penelitian. Dalam menganalisis data penulis menggunakan metode analisis deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa jadwal yang digunakan di masjid Atta’awun yang bersumber dari Kemenag Kabupaten Bogor belum dapat meng-cover masjid Atta’awun. Ketinggian tempat dapat di katakan mempengaruhi jadwal waktu salat, yaitu waktu-waktu yang berhubungan dengan kerendahan ufuk dan ketinggian Matahari. Kemudian dari hasil perhitungan yang penulis lakukan terdapat selisih sebesar 3 – 5 menit dengan jadwal waktu salat tanpa mempertimbangkan koreksi ketinggian tempat. Pengaruh ketinggian tempat dalam waktu salat membuat jadwal waktu salat antara daerah satu dengan daerah lainnya berbeda-beda. Pengaruh ketinggian tempat dalam waktu salat pun tidak dapat digeneralisasi dan dianggap sama besar dengan ketinggian tertentu. Masing-masing ketinggian tempat mempunyai pengaruh selisih waktu yang berbeda sesuai dengan kondisi topografi di setiap tempatnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ketinggian tempat; Jadwal waktu salat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 05 Dec 2019 10:19
Last Modified: 05 Dec 2019 10:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10298

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics