Aidah, Nur (2019) Analisis waktu tayangan adzan maghrib pada bulan Ramadhan 1439 h untuk wilayah Semarang dan sekitarnya di TVRI Jawa Tengah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1502046014]
Preview
Text (Skripsi_1502046014)
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Adzan Maghrib merupakan tanda telah masuknya waktu salat Maghrib. Pada Bulan Ramadhan adzan Maghrib sangat ditunggu-tunggu karena berkaitan dengan waktu berbuka puasa. Seiring kemajuan teknologi, banyak media-media elektronik yang menginformasikan waktu-waktu salat, salah satunya lembaga penyiaran TVRI Jawa Tengah yang menayangkan adzan Maghrib pada bulan Ramadhan 1439 H. Ada yang menarik terkait waktu adzan Maghrib di TVRI Jawa Tengah, yakni adzan Maghrib tersebut diperuntukkan untuk wilayah Semarang dan sekitarnya. Sedangkan Semarang sendiri memiliki wilayah yang sangat luas ditambah lagi wilayah disekitar Semarang yang tidak jelas batas-batasnya.
Dalam penelitian ini penulis terdapat dua rumusan masalah yaitu: 1. Apakah dasar waktu adzan Maghrib yang digunakan TVRI Jawa Tengah untuk wilayah Semarang dan sekitarnya pada bulan Ramadan 1439 H? 2. Bagaimana akurasi waktu Maghrib di TVRI Jawa Tengah untuk meng-cover wilayah Semarang dan sekitarnya?.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan sumber data primer yaitu dokumentasi dan wawancara dan sumber data sekunder yaitu buku-buku yang berkaitan dengan waktu salat, artikel-artikel, maupun jurnal-jurnal ilmiah yang berkaitan dengan topik penelitian Setelah data terkumpul, selanjutnya dianalisis menggunakan metode deskriptive analysis.
Penelitian ini menghasilkan dua kesimpulan yaitu: 1. Dalam program adzan Maghrib, TVRI Jawa Tengah menggunakan jadwal imsakiyah dari Kemenag RI dengan lintang dan bujur tempat secara umum tampa memperhitungkan ketinggian tempat. 2. Akurasi adzan Maghrib TVRI Jawa Tengah pada Bulan Ramadhan 1439 H lebih cepat 1-2 menit dengan perhitungan jadwal lokal di beberapa daerah di wilayah Semarang dan beberapa kabupaten yang berbatasan dengan Semarang dan lebih cepat 1-.4 menit jika ditambah ikhtiyat pada masing-masing daerah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Waktu tayangan; Adzan maghrib; bulan Ramadhan; Wilayah Semarang
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 05 Dec 2019 10:21
Last Modified: 21 May 2021 03:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10299

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics