Studi komparasi awal Bulan Kamariah antara kitab Tibyanul Murid dan kitab Irsyadul Murid

Ismawati, Nur (2019) Studi komparasi awal Bulan Kamariah antara kitab Tibyanul Murid dan kitab Irsyadul Murid. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1502046091]
Preview
Text (Skripsi_1502046091)
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Hisab merupakan salah satu metode dalam penentuan awal Bulan kamariah. Metode ini menggunakan logika berfikir matematika dan astronomi, dengan metode ini posisi Matahari dan Bulan dapat diperhitungkan dengan akurat. Banyak metode yang digunakan dalam penentuan awal Bulan kamariah termasuk kitab Tibyanul Murid karya Ali Mustofa dan kitab Irsyadul Murid karya Ahmad Ghazali Muhammad Fathullah yang mana keduanya merupakan ahli falak. Kedua kitab ini memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Kedua referensi metode hisab awal Bulan kamariah tersebut memilki algoritma dan data yang berbeda, sehingga berbeda pula proses perhitungannya, namun nilai yang dihasilkan hanya memiliki selisih pada menit dan detik saja.
Untuk menjawab permasalahan-permasalahan diatas penulis merumuskan dua pokok rumusan masalah. 1) bagaimana metode perhitungan awal Bulan kamariah yang diterapkan antara kitab Tibyanul Murid dan kitab Irsyadul Murid ? 2) bagaimana komparasi perhitungan awal Bulan kamariah antara kitab Tibyanul Murid dan kitab Irsyadul Murid ?
Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode penelitian kualitatif. Jenis penelitiannya adalah library research (studi pustaka) dengan mengambil data primer yaitu kitab Tibyanul Murid dan kitab Irsyadul Murid dan data sekunder yaitu hasil wawancara, buku, makalah, dan jurnal yang berkaitan dengan penelitian. Kemudian data-data ini dikumpulkan dan dianalisis dengan menggunakan metode komparatif melalui teknik deskriptif. Dalam menganalisis data perhitungan penulis menggunakan algoritma ephimeris sebagai parameternya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kitab Tibyanul Murid dan kitab Irsyadul Murid menggunakan metode hisab yang sama yaitu hisab kontemporer. dalam perhitungan awal Bulan kamariah kitab Tibyanul Murid menggunakan data awamil sehingga dengan menggunakan data awamil tersebut, hisab menjadi lebih ringkas dan praktis. Awamil merupakan sebuah element untuk perhitungan ijtima, dan posisi hilal saat magrib pada hari terjadinya ijtima’ yang menggunakan data tanggal dengan waktu standar WIB, sehingga data awamil yang disediakan dalam tulisan tersebut adalah pada tanggal terjadinya ijtima’ dan sehari setelah terjadinya ijtima. Sedangkan dalam kitab Irsyadul Murid perhitungan awal Bulan menggunakan rumus yang telah tercantum dalam kitab tersebut dan merupakan hasil modifikasi dari rumus jeen meeus dengan koreksi-koreksi yang kompleks. Adapun perbedaan yang ditemukan dari keduanya antara lain dalam menghitung waktu ijtima’, menghitung waktu Matahari, serta menghitung posisi Matahari dan Bulan. Dalam penelitian ini juga ditemukan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing kitab, salah satunya kelebihan dari kitab Tibyanul Murid dalam perhitungannya sudah tertera tabel awamil ijtima’, awamil syams dan awamil qamar sehingga memudahkan dalam perhitungan awal Bulan kamariah, berbeda dengan kitab Irsyadul Murid yang menggunakan rumus yang banyak dan terkesan sulit dalam perhitungan. Nilai yang dihasilkan dalam kitab Tibyanul Murid juga lebih akurat dibandingkan dengan kitab Irsyadul Murid, hal ini terbukti adanya nilai ijtima’ dan ketinggian hilal dalam perhitungan kitab Tibyanul Murid lebih mendekati pada perhitungan parameter dimana penulis menggunakan parameter Ephimeris jika dibandingkan dengan kitab Irsyadul Murid.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hisab; Awal Bulan Kamariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 13 Dec 2019 04:03
Last Modified: 13 Dec 2019 04:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10316

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics