Sistem hisab waktu salat dalam website Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama

Yusuf, Saldy (2019) Sistem hisab waktu salat dalam website Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1502046097]
Preview
Text (Skripsi_1502046097)
skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Sistem hisab waktu salat dalam bentuk program website merupakan salah satu sistem hisab yang berkembang saat ini. Namun perlu diperhatikan perancangan program-program waktu salat yang sudah banyak beredar saat ini perlu dikaji ulang hasil perhitungannya, karena dalam penentuan waktu salat ada beberapa poin yang mempengaruhi waktu salat daerah satu dengan daerah yang lain. misalnya, lintang tempat, bujur tempat, zona waktu, dan ketinggian tempat yang terkadang jarang diperhatikan. Website Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama merupakan program yang memuat hisab waktu salat, namun program ini berbeda dengan program-program lainnya yang sudah banyak beredar. Program website ini merupakan milik salah satu ormas besar yang ada di Indonesia yaitu Nahdlatul Ulama melalui Lembaga Falakiyahnya yang memiliki wewenang dalam hal hisab maupun rukyat.
Penelitian ini membahas mengenai: 1.) Bagaimana sistem hisab waktu salat dalam website Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, dan 2.) Bagaimana akurasi sistem hisab waktu salat dalam website Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang bersifat library research dengan pendekatan matematis. Dalam penelitian ini penulis menggunakan dua metode pengumpulan data yaitu dokumentasi dan wawancara, dimana data primer berupa sistem hisab waktu salat dalam website Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdalatul Ulama, hasil wawancara dengan pengelola dan salah satu developer website Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama. Sedangkan data sekundernya adalah seluruh buku buku ilmu falak yang membahas waktu salat dan dokumen yang berkaitan dengan obyek penelitian. Teknik analisa yang digunakan berupa analisis deskriptif analitik.
Penelitian ini menghasilkan dua temuan. Pertama, sistem hisab waktu salat dalam website Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama merupakan salah satu program yang berbasis astronomi modern, perhitungannya merujuk buku Astronomical Algorithms Jean Meeus high accuracy yang mendukung tampilan waktu salat praktis dan opsional. Penggunaan koreksi ketinggian tempat hanya digunakan untuk waktu Magrib, sedangkan Isya dan Subuh masih menggunakan nilai konstan, Sehingga menimbulkan selisih sampai 2 menit 45 detik ketika diterapkan koreksi ketinggian tempat untuk Isya dan Subuh. Kedua, berdasarkan hasil analisis akurasi website Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama dengan Bimas Islam memiliki selisih kisaran 0 menit sampai 1 menit. Sehingga program ini cukup akurat digunakan dalam penentuan waktu salat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Waktu salat; Lembaga Falakiyah PBNU
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 13 Dec 2019 04:05
Last Modified: 13 Dec 2019 04:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10317

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics