Studi analisis penggunaan jam bencet di Masjid Langgar Agung Pondok Pesantren Nurul Falah Magelang Jawa Tengah sebagai penentu waktu salat

Sari, Muslimah Hasna (2019) Studi analisis penggunaan jam bencet di Masjid Langgar Agung Pondok Pesantren Nurul Falah Magelang Jawa Tengah sebagai penentu waktu salat. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1502046100]
Preview
Text (Skripsi_1502046100)
skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Secara garis besar metode penentuan waktu salat terbagi menjadi dua, yaitu metode hisab dan rukyah. Metode hisab adalah metode yang menggunakan data ephemeris, nautica, dan kitab-kitab falak klasik. Sedangkan penentuan waktu salat menggunakan metode rukyah adalah yang menggunakan instrumen-instrumen falak, seperti rubu’ mujayyab, tongkat istiwa’, dan juga jam bencet. Di antara metode tersebut, penulis tertarik untuk mengkaji jam bencet, karena instrumen tersebut termasuk pada katagori jam kuno yang digunakan untuk menentukan kapan awal waktu salat. Daya tarik dari jam bencet yang ada di masjid Langgar Agung pondok pesantren Nurul Falah Magelang adalah terdapat lima waktu salat fardu dan arah kiblat pada bidang dialnya. Secara teoritis dan fakta lapangan jam bencet hanya dapat digunakan ketika adanya cahaya Matahari. Adapun tujuan penelitian adalah (1) Untuk mengetahui dan menganalisis metode penentuan awal waktu salat menggunakan jam bencet di masjid Langgar Agung pondok pesantren Nurul Falah.(2) untuk mengetahui alasan masih digunakannya jam bencet tersebut sebagai penentu waktu salat.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan kajian penelitian yang bersifat lapangan (field research). Dimana data primernya berupa hasil wawancara dengan Kiai Achmad Nur Shodiq selaku pimpinan pondok pesantren Nurul Falah sekaligus penanggung jawab atas jam bencet, dan data sekundernya berupa buku-buku astronomi yang berkaitan dengan objek penelitian. Setelah memperoleh data baik primer maupun sekunder, selanjutnya adalah melakukan verifikasi data yang diperoleh dari lapangan dengan menggunakan data ephemeris yang digunakan untuk mengetahui kesesuaian antara hasil dan metode yang digunakan.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa jam bencet di masjid Langgar Agung pondok pesantren Nurul Falah, yaitu dengan memperhatikan bayang-bayang Matahari yang menyinari jarum (gnomon) pada bidang dial. Dari bayangan tersebut kita dapat mengetahui jam berapa yang sedang ditunjukkan oleh jam bencet. Akan tetapi untuk waktu salat Magrib, Isya dan Subuh adalah menggunakan rumus rubu’ mujayyab dan grafik waktu salat pada bidang dial hanya sebatas perkiraan yang sudah disesuaikan pada lintang dan bujur tempat oleh arsitek jam bencet tersebut. Dilihat dari keakurasiannya maka jam bencet ini tergolong akurat. Karena dari hasil observasi hanya selisih 0 – 0:1:9 WIB, mengingat waktu ikhtiyyat yang ditambahkan 4 menit. Alasan masih berpedoman pada jam bencet atau waktu istiwa adalah karena untuk melestarikan warisan ulama terdahulu atau pangeran Diponegoro dan sebagai jejak peradaban atau perjuangannya di desa Menoreh, Magelang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Waktu salat; Jam bencet; Pondok pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 13 Dec 2019 04:07
Last Modified: 13 Dec 2019 04:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10319

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics