Akurasi data posisi matahari dan bulan aplikasi Islamicastro untuk rukyatul hilal

Jumal, Muhammad (2019) Akurasi data posisi matahari dan bulan aplikasi Islamicastro untuk rukyatul hilal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_132611031]
Preview
Text (Skripsi_132611031)
halaman awalN FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Seiring perkembangan teknologi, ilmu falak mengalami masa digitalisasi yang berkembang pesat. Aplikasi –aplikasi android falak mulai banyak bertaburan di Playstore atau Internet. Namun, aplikasi-aplikasi tersebut belum dikaji sisi keabsahan teorinya dan belum ada verifikasi terkait dengan algoritma dan penerapan dalam rukyatul hilal.
Fokus kajian penulis terhadap aplikasi islamicastro karya Muhammad Faishol Amin dalam fungsi untuk rukyatul hilal. Dalam penelitian ini, penulis mengangkat dua permasalahan pokok: pertama, Bagaimana algoritma aplikasi Islamicastro dalam menentukan posisi Matahari dan Bulan untuk rukyatul hilal? Kedua, Bagaimana akurasi aplikasi Islamicastro dalam menentukan posisi Matahari dan Bulan untuk rukyatul hilal?
Dalam menyelesaikan permasalahan ini penulis menggunakan penelitian kualitatif deskriptif evaluatif. Dengan metode tersebut, penulis berupaya mengungkap dan memahami sistem hisab penentuan posisi Bulan dan Matahari dalam aplikasi android Islamicastro karya Muhammad Faishol Amin. Tahap selanjutnya melakukan evaluasi terkait kekurangan dan kelebihan dengan cara membandingkan Islamicastro dengan aplikasi WinHisab dan Stellarium. Aplikasi WinHisab untuk menverifikasi data ephimeris Islmicastro dan aplikasi Stellarium digunakan untuk menverifikasi hasil pengamatan hilal dengan Islamicastro.
Hasil dari penelitian ini yaitu pertama, Penyusunan aplikasi islamicastro diambil dari berbagai algoritma sesuai dengan tahapanya. Tahap pencarian data ephimeris algoritma yang dipakai adalah algoritma Jean Meuss baik untuk data Matahari maupun data Bulan sementara dalam tahap perhitungan tinggi dan azimuth hilal memakai algoritma dari beberapa buku yaitu karangan Slamet Hambali, Ahmad Izzuddin, Muhyiddin Khazin dan Rinto Anugraha. Kedua,Uji akurasi posisi Matahari dan Bulan dalam Islamicastro dilakukan dalam beberapa tahap: 1. Untuk akurasi waktu dalam android berkisar antara 0 sampai dengan 4.407 detik. sementara untuk lokasi berkisar antara 0,85 meter sampai dengan 13 meter. 2. secara umum akurasi data ephimeris yang dihasilkan dalam aplikasi Islamicastro telah bagus yaitu dalam orde detik. Tetapi ada yang harus digaris bawahi yaitu pada nilai akurasi Equation of time di bulan Maret yang mencapai selisih sampai dengan 0 menit 29,29 detik. 3. Akurasi tinggi mar’i baik itu dari tinggi Matahari maupun Bulan memiki nilai yang cukup besar dengan selisih paling besar untuk Bulan yaitu 15 menit 13.99 detik sementara untuk Matahari sebesar 13 menit 33.06 detik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Algortima; Posisi matahari; Posisi bulan; Islamicastro; Rukyatul Hilal
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 13 Dec 2019 04:11
Last Modified: 13 Dec 2019 04:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10321

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics