Paradigma unity of sciences UIN Walisongo dalam perspektif Richard Rorty

Fahmi, Ardani Aulian (2019) Paradigma unity of sciences UIN Walisongo dalam perspektif Richard Rorty. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_134111013]
Preview
Text (Skripsi_134111013)
skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Banyak perilaku sosial yang bermacam-macam, yang didasari oleh kepentingan pribadi dan kelompok. Agama, ras, suku dan antargolongan. Semakin hari dan semakin berkembangnya dunia modern khususnya ilmu pengetahuan, manusia seperti kehilangan fungsinya yang menurut Richard Rorty sebagai makhluk yang dinamis. Kemunduran semacam ini jugalah yang dirasakan oleh para pemikir muslim UIN Walisongo yang berbasis agama Islam guna menyelamatkan manusia dan peradaban dari perkembangan ilmu pengetahuan modern sekarang ini. ahulu UIN masih menjadi IAIN dan sangat kental dengan agamanya. Sekarang ada perubahan dari IAIN menjadi UIN dengan menerapkan konsep paradigma baru. Kemudian bagaimana langkah kedepannya setelah menjadi UIN, bagaimana universitas ini bisa mencetak generasi sesuai yang diharapkan.
Tujuan penelitian ini untuk (1) Mengetahui pandangan Richard Rorty terhadap konsep kesatuan ilmu pengetahuan yang digagas oleh UIN Walisongo melalaui teori ironi, (2) Mengetahui implementasi yang dtawarkan Richard Rorty terhadap paradigma kesatuan ilmu pengetahuan.
Adapun penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) yang mana peneliti menggunakan sumber-sumber tertulis baik yang sudah dipublikasikan ataupun belum. Objek yang diteliti adalah tentang konsep paradigma unity of sciences yang digagas oleh UIN Walisongo. Sedangkan subjeknya adalah pandangan Richard Rorty tentang konsep unity of sciences UIN Walisongo. Penelitian ini berbentuk penelitian keperpustakaan (library research), maka peneliti menggunakan Studi Kepustakaan, dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi, yaitu mengumpulkan bahan-bahan dari buku, jurnal, peper, majalah dan bahan-bahan yang dianggap mempunyai keterkaitan dengan permasalahan yang sedang dibahas.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa sikap ironi yang ditawarkan rorty adalah tentang perubahan dan sikap terbuka serta rasa terus menerus menjadi lebih baik dan mau memperbaiki keadaan dan tidak menganggap bahwa ini final dan tidak merasa berpuas diri. Dalam hubungannya dengan paradigma unity of sciences yang digagas oleh UIN Walisongo adlaah bagaimana semangat ironi pengetahuan ini bisa masuk dalam semangat unity of sciences ini sehingga diharapkan UIN Walisongo mempunyai sikap pandangan ke depan, mau berubah ke arah yang lebih baik dan terus menerus berproses guna menciptakan generasi yang diimpikan nantinya. Ruang privat yang dimiliki UIN Wlisongo adalah mengenai kedirian yang ada di UIN. UIN Walisongo masih mempunyai basis agama di dalamnya yakni ruang privatnya adalah Fakultas Ushuluddin dan Humaniora. Bagaimana agama atau ilmu diri yang biersifat privat ini bisa mengejahwantah menjadi ruang publik sehingga menjadi ilmu di luar diri atau di luar agama, yakni dengan adanya ilmu penegtahuan seperti teknologi, terapan dan ilmu kealaman serta sosial. Sedngkan ruang publik yang di maksud adalah UIN Walisongo sendiri dengan adanya ilmu pengetahuan yang lain selain ilmu diri atau ilmu agama. di dalam UIN Walisongo telah banyak sains yang sudah dikembangkan sehingga sekarang UIN Walisongo telah menjadi universitas yang mengedepankan ilmu penegtahuan dalam ruang lingkup wahyu Ketuhanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Unity of sciences; Filsafat ilmu; Filsafat Islam; Integrasi sains dan Islam
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 120 Epistemology, causation, humankind > 121 Epistemology (Theory of knowledge)
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.261 Islam and philosophy
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 00:49
Last Modified: 13 Jun 2021 04:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10333

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics