Etika sosial dalam gending-gending karya Ki Narto Sabdo

Ibrahim, Maulana Malik (2019) Etika sosial dalam gending-gending karya Ki Narto Sabdo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1404016008]
Preview
Text (Skripsi_1404016008)
SKRIPSI MAULANA MALIK IBRAHIM - 1404016008 - AFI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Gending merupakan salah satu kesenian yang dilahirkan dari kebudayaan Jawa yang mengandung nilai-nilai luhur kehidupan yang diciptakan oleh kreativitas seniman, salah satunya dalah Ki Narto Sabdo. Nilai-nilai itu adalah kerukunan dan terbinanya sikap hormat agar tetap lestari. Dalam khazanah peradaban Jawa, hubungan rukun dan hormat tak sebatas hubungan antar manusia, namun hubungannya dengan alam semesta dan Tuhan sangat terjalin dan mempengaruhi cara pandang orang Jawa. Ki Narto Sabdo merupakan salah satu dalang yang paling berpengaruh di Indonesia. Sebagai seorang dalang yang menyandang gelar “Ki” dalam tatanan sosial Jawa beliau dianggap sebagai orang yang memiliki ilmu kebijaksanaan tinggi. Dalam perjalanannya kariernya, gending-gending Ki Narto tak hanya dipengaruhi oleh kisah-kisah pewayangan dan serat-serat Jawa Kuno, namun banyak pula dipengaruhi oleh situasi politik pembangunan era Presiden Soeharto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan nilai-nilai filosofi etika sosial dan pengaruh situasi sosial-politik dalam gending-gending karya Ki Narto Sabdo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif (library research) dengan pendekatan deskriptif-analisis untuk menemukan kandungan makna dalam teks dan simbol yang terdapat dalam gending-gending karya Ki Narto Sabdo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Etika sosial; Gending-gending; Budaya Jawa; Islam dan seni
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 177 Ethics of social relations
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.267 Islam and arts
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 00:52
Last Modified: 13 Jun 2021 04:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10334

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics