Praktek penjagaan hafalan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidh Yanbu’ul Qur’an (PTYQ) dewasa putri Kudus

Mukaromah, Indah (2019) Praktek penjagaan hafalan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidh Yanbu’ul Qur’an (PTYQ) dewasa putri Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1504026010_INDAH_MUKAROMAH]
Preview
Text (SKRIPSI_1504026010_INDAH_MUKAROMAH)
skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Menghafalkan Al-Qur’an merupakan tradisi yang sejak dulu di laksanakan oleh Nabi, yang mana Nabi Muhammad Saw menerima wahyu berupa Al-Qur’an tersebut dengan cara menghafalkan, serta mengaplikasikan kandungan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari, dan menyerukan ajaran-ajaran islam yang termaktub di dalam Al-Qur’an kepada umatnya sehingga Al-Qur’an terjaga sampai saat ini. Sedangkan hadis merupakan suatu bagian yang penting bagi masyarakat karena di dalamnya terungkap tentang berbagai tradisi pada masa Nabi. Di Pondok Pesantren Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Dewasa Putri Kudus, dalam praktek melaksanakan Penjagaan hafalan Al-Qur’an.
Dengan menggunakan landasan salah satu hadis Nabi yang menyatakan bahwa Jagalah Al-Qur’an ini. Demi dzat yang menguasai jiwa Muhammad, Al-Qur’an itu benar-benar lebih cepat lepas dari pada unta di dalam talinya.
.Fokus pembahasan terkait dengan apa yang mendasari pelaksanaan Praktek Penjagaan Hafalan Al-Qur’an dan Bagaimana pelaksanaan praktek penjagaan hafalan qur’an santri di Pondok Pesantren Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Dewasa Putri Kudus, serta bagaimana Keunggulan Praktek Penjagaan hafalan Qur’an di Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Dewasa Putri Kudus. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode living hadis dengan pendekatan fenomenologi. Adapun teknik pengumpulan data yang penulis lakukan yaitu melalui wawancara, observasi partisipan dan dokumentasi. Mengenai analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, penulis menggunakan bentuk analisis deskriptif kualitatif data. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apa yang mendasari pelaksanaan Penjagaan Hafalan qur’an, bagaimana pelaksanaanya di Pondok Pesantren Tahfidh Yanbu’ul Qur’an dewasa putri Kudus, serta bagaimana Keunggulan Penjagaan Hafalan Qur’an di Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Dewasa Putri Kudus.
Berdasarkan hasil penelitian analisis, pembahasan masalah, landasan teori, data-data dan wacana yang berkembang, maupun untuk memenuhi tujuan penelitian ini, peneliti berkesimpulan bahwa adanya Praktek Penjagaan Hafalan al-qur’an di dalam hadis Nabi dan juga praktek Penjagaan Hafalan Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Dewasa Putri Kudus bertujuan untuk menjaga al-qur’an, dari segi keaslian tulisan maupun susunan al-qur’an serta menjaga dan memelihara kandungan dari al-qur’an, mengaplikasikan ajaran islam yang tertulis di dalam al-qur’an yang mana menjadi pedoman dalam kehidupan sehingga al-qur’an akan selalu hidup dalam naungan umat manusia di dunia dan menjadi syafaat kelak dalam kehidupan akhirat. kemudian pengasuh Pondok Pesantren Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Dewasa Putri Kudus dalam memaknai adanya praktek Penjagaan Hafalan qur’an sebagai bentuk dari upaya memelihara al-qur’an dan bertujuan untuk mencetak generasi yang Ahlul qur’an yang mampu mengamalkan ajaran Al-Qur’an dalam kehidupannya sendiri, orang lain, dan masyarakat. Kemudian para santri memaknai praktek hamalah qur’an sebagai jalan menuju ridho Allah, menjadi pemelihara dan penjaga Al-Qur’an yang mampu mengamalkan isi dan kandungan al-qur’an, karena dengan seperti itu akan memperoleh kehidupan yang bahagia dunia dan akhirat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hafalan Alquran; Pondok pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 01:25
Last Modified: 13 Nov 2021 07:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10347

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics