Resepsi hadis tentang zikir setelah salat maktubah Jama’ah Syahadatain di Desa Bantengmati Kecamatan Mijen Demak

Ariyani, Silma (2019) Resepsi hadis tentang zikir setelah salat maktubah Jama’ah Syahadatain di Desa Bantengmati Kecamatan Mijen Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Neegeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1504026064_SILMA_ARIYANI]
Preview
Text (SKRIPSI_1504026064_SILMA_ARIYANI)
SILMA ARIYANI ___1504026064 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Resepsi merupakan aliran yang meneliti teks dengan bertitik tolak kepada pembaca yang memberi reaksi atau tanggapan terhadap teks itu. Dalam proses resepsi dapatlah dikatakan bahwa ketika kajian praktik atau pengamalan teks dilakukan di ruang praktik, maka seharusnya teksnya telah ditemukan terlebih dahulu, disadari oleh pelaku praktik, atau setidaknya terdapat dugaan kuat atas praktik hadis nabi di suatu masyarakat. Dalam kehidupan sehari-hari, umat Islam sering melaksanakan zikir dan do’a. Keduanya merupakan rutinitas yang sering dilakukan setelah usai melaksanakan sholat lima waktu (maktubah). Dalam komunitas Asy-syahadatain bagi mereka waktu yang paling utama dalam berzikir adalah setelah shalat fardhu (maktubah) dan setelah shalat sunnah. Jadi zikir setelah shalat merupakan proses perpindahan jiwa menuju tuhan dengan menyebut nama Allah dan bermunajat kepadaNya. Penulis dalam menyusun skripsi ini mencoba memaparkan bagaimana pemikirannya yang berkaitan dengan hadis-hadis tentang zikir setelah shalat maktubah dan Bagaimana makna zikir tersebut bagi kehidupan sehari-hari jamaah Asy-syahadatain. Penelitian ini berusaha untuk mengetahui makna zikir setelah shalat maktubah jamaah Asy-syahadatain bagi kehidupan sehari-hari mereka, serta mengetahui pemikiran dan pemahaman yang menjadi rujukan dalam praktik yang dilakukan oleh jamaah Asy-syahadatain.
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui tentang Resepsi Hadis Jamaah Asy-syahadatain Dalam Praktik Zikir Setelah Shalat Maktubah di Desa Bantengmati Kecamatan Mijen Demak. Penulis dalam membahas skripsi ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan fenomenologi. Yakni metode yang digunakan untuk mendeskripsikan, menginterpretasikan apa yang ada, baik mengenai sejarah, kejadian atau peristiwa dalam situasi tertentu yang nampak. Adapaun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Melalui tiga teknik tersebut peneliti menganalisis data-data yang dibutuhkan.
Dalam sebuah penelitian yang peneliti lakukan, terdapat hasil yang sesuai dengan yang peneliti harapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Praktik zikir yang dilakukan oleh jamaah Asy-syahadatain dilakukan setelah selesai mengerjakan salat maktubah dimulai dari membaca pujian-pujian yang berbeda-beda dilanjutkan dengan membaca wiridan pada masing-masing setiap salatnya. (2) Dengan membaca zikir setelah shalat maktubah yang intinya adalah memohon dan pasrah terhadap Allah dengan disertai keyakinan bahwa Allah akan memberi ketenangan jiwa dan dapat menghindarkan mereka dari kegoncangan jiwa. Dari sinilah timbul pemikiran dari peneliti, bahwa apabila dilihat dari aspek ibadah shalat lima waktu tidak ada masalah dan bisa diikuti oleh semua umat Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Zikir; Salat maktubah; Salat wajib
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.125 Hadits > 297.1251 Study of Text of Hadith
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 02:11
Last Modified: 13 Nov 2021 06:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10353

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics