Amiroh, Siti (2019) Peran tradisi batik dalam membingkai kerukunan umat beragama di Desa Karangturi Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1404036006_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (1404036006_Skripsi_Lengkap)
skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana kerukunan yang terjadi antara etnis Tionghoa dan warga pribumi desa Karangturi. Hal tersebut dilatarbelakangi dengan adanya corak batik yang mereka percayai membawa pengaruh positif dalam kehidupan sosial mereka, yakni motif Burung Hong dan Sekar Jagad. Meskipun mereka berbeda dalam hal agama, mereka tetap bisa hidup rukun dalam satu desa, bahkan bisa saling tolong menolong.
Adapun perumusan masalah yang ada dalam penelitian ini yaitu: a) bagaimana tradisi batik yang ada di desa Karangturi, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang? b) bagaimana peran tradisi batik dalam membingkai kerukunan umat beragama di desa Karangturi, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang?. Tujuan penelitian ini untuk: 1) untuk mengetahui tradisi batik yang ada di desa Karangturi, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang. 2) untuk mengetahui peran tradisi batik dalam membingkai kerukunan di desa Karangturi, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang.
Skripsi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data diperoleh dari data primer yaitu hasil penelitian lapangan (field research) adalah wawancara, tanya jawab kepada pemilik usaha batik rumahan, aparatur pemerintah desa Karangturi. Data sekunder (data pendukung) yaitu dari literatur-literatur yang berkaitan dengan pokok permasalahan penelitian. Metode pengumpulan data dalam yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan metode deskriptif fenomenologi bertujuan untuk menganalisis peran batik yang berhubungan dengan adanya kerukunan umat beragama di desa Karangturi, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang.
Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa tradisi batik di desa Karangturi sudah terjadi lama, namun bisa dibilang masih kurang berkembang. Pada abad ke-14, etnis Tionghoa masuk ke Lasem dan mulai menetap di Lasem, terutama di desa Karangturi. Etnis Tionghoa datang ke Lasem dengan membawa kemajuan di bidang batik. Mereka tidak segan-segan memberi ilmu dan pengetahuan tentang batik dan motif batik yang dimiliki etnis Tionghoa kepada masyarakat pribumi Karangturi. Etnis Tionghoa mencampurkan dua akulturasi budaya pada selembar kain batik dengan tujuan keindahan dan keabadian. Tradisi batik di Karangturi tidak hanya berkembang di satu rumah industri saja, melainkan sudah banyak rumah industri batik di Karangturi. Tradisi batik di Karangturi ini tentu saja tidak menguntungkan satu pihak saja. Kedua belah pihak juga saling diuntungkan dengan adanya tradisi batik yang berasal dari nenek moyang, dan menjadikan mereka hidup rukun.
Kerukunan yang terjadi antara etnis Tionghoa dengan masyarakat pribumi tidak mempermasalahkan akulturasi budaya dan perbedaan yang ada, tetapi mereka bisa hidup rukun dalam masyarakat. Kerukunan ini bisa dilihat dari perlakuan etnis Tionghoa pada saat menghargai para karyawannya yang di dominasi penduduk pribumi beragama muslim dengan memberikan mereka fasilitas untuk mereka ibadah. Kehidupan sosial yang rukun ini mereka dapatkan dari motif batik yang menjadi patokan filosofi dalam kehidupan bermasyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tradisi batik; Kerukunan umat beragama; Toleransi agama
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 201 Religious mythology, general classes of religion, interreligious relations and attitudes, social theology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.267 Islam and arts
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76234 - Studi Agama-agama
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 02:28
Last Modified: 26 Jun 2021 07:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10358

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics