Pola interaksi mahasiswa Kristen dengan mahasiswa Muslim di Universitas Wahid Hasyim Semarang

Ma’sum, Muhammad Haris (2019) Pola interaksi mahasiswa Kristen dengan mahasiswa Muslim di Universitas Wahid Hasyim Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1504036013_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (1504036013_Skripsi_Lengkap)
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Zaman sekarang ini, kita dihadapkan dengan berbagai fenomena-fenomena yang berkaitan tentang ketidakharmonisan hubungan antara pemeluk agama yang berbeda. Seperti banyak kasus intoleran yang terjadi antara umat Muslim dengan umat Kristiani. Seolah-olah antara Umat Islam dengan Umat Kristen tidak bisa hidup rukun dan berdampingan. Dinegara barat, orang Muslim sering dikaitkan dengan kasus-kasus radikal intoleran. Sedangkan di Indonesia, umat Kristen yang statusnya minoritas sering mendapat persekusi, intervensi, dan diskriminasi bahkan tidak jarang pula dikonotasikan sebagai musuh hanya karena berbeda keyakinan.
Penulis bemaksud mendalami dan mendeskripsikan tentang bagaimana hubungan antara umat Kristen serta sejauh mana bentuk interaksi sosialnya. Penelitian ini terbatas pada sebuah perguruan tinggi yang berafiliasi dengan Islam dan NU yakni Universitas Wahid Hasyim. Alasan mengambil penelitian ini karena didalamnya terdapat potret Indonesia kecil dimana mahasiswa Muslim sebagai mayoritas dan mahasiswa Kristen sebagai minoritas.
Pada awalnya penulis memulai dengan observasi serta pendekatan terhadap mahasiswa Kristen. Kemudian, Penulis mengambil sampel sebanyak dua puluh mahasiswa Kristen untuk di wawancarai. Wawancara semi terstruktur dan angket digunakan untuk mendapatkan informasi dari narasumber. Selain mengambil sampel mahasiswa Kristen, penulis juga mengambil sampel mahasiswa Muslim dengan menggunakan metode snowball sebagai penggalian informasi yang mampu mendukung kevalidan data penelitian. Terakhir, penulis juga mengambil beberapa pegawai kampus untuk diwawancarai. Setelah semua informasi terkumpul. Selanjutnya penulis mengolah dan menganalisis jawaban-jawaban dari narasumber untuk melihat bagaimana kondisi dan bentuk-bentuk interaksi mahasiswa Kristen dengan mahasiswa Muslim di Universitas Wahid Hasyim Semarang
Dari hasil wawancara penulis menemukan banyak sekali model kehidupan bersosial yang menarik terkait kondisi mahasiswa Kristen serta bentuk-bentuk interaksi sosialnya. Mayoritas mahasiswa Kristen yang kuliah di Universitas Wahid Hasyim merupakan pendatang dari Papua. Selanjutnya, Sebagian besar mahasiswa Kristen justru setuju tentang peraturan untuk mengikuti mata kuliah ke-Islaman dan ke-Aswajaan dengan alasan mereka ingin belajar dan memperluas ilmu pengetahuan meskipun ada beberapa yang merasa keberatan dengan peraturan tersebut. selanjutnya, ada fenomena semakin taatnya seorang mahasiswa Kristen untuk beribadah kegereja karena termotivasi oleh ketaatan teman Muslimnya. Selanjutnya, masjid dilingkungan Universitas Wahid Hasyim bukan hanya berfungsi sebagai tempat ibadah saja melainkan juga sering digunakan untuk belajar bersama sehingga mahasiswa Kristen sudah biasa masuk kedalam masjid. Terakhir, fenomena tentang ajakan untuk masuk agama Islam dengan janji pernikahan. kemudian untuk masalah bentuk perselisihan keagamaan mengenai interaksi tidak dapat ditemukan tetapi, penulis meyakini tentu ada sebagian kecil mahasiswa Kristen maupun Muslim yang menutup diri dari orang-orang yang berbeda keyakinan dengan dirinya dan biasanya dialami oleh mahasiswa baru yang masih berada pada tahap penyesuaian diri.
Dari kumpulan jawaban tersebut, penulis menganalisis kemudian mengambil kesimpulan bahwa pola interaksi antara mahasiswa Kristen dengan mahasiswa Muslim terjalin dengan baik meski pada awalnya juga butuh proses penyesuaian. Mereka semua bisa bekerjasama, bergaul dan saling menghormati. Mereka terbiasa bekerjasama dalam mengerjakan tugas kuliah bahkan bekerjasama dalam urusan bisnis dan karir.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Interaksi; Mahasiswa Kristen; Mahasiswa Muslim
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 201 Religious mythology, general classes of religion, interreligious relations and attitudes, social theology
300 Social sciences > 302 Social interaction
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76234 - Studi Agama-agama
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 02:39
Last Modified: 26 Jun 2021 07:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10360

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics