Konsep poligami Muḥammad Ḥusain Faḍlullāh dalam kitab Tafsīr Min Waḥy Al-Qur’ān

Prabowo, Ari Hasan (2019) Konsep poligami Muḥammad Ḥusain Faḍlullāh dalam kitab Tafsīr Min Waḥy Al-Qur’ān. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_124211028_ARI_HASAN_PRABOWO]
Preview
Text (SKRIPSI_124211028_ARI_HASAN_PRABOWO)
Skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Perkawinan menjadi salah satu poin penting dari sekian permasalahan umat yang diperhatikan oleh al-Qur’ān. Namun, hal tersebut menjadi permasalahan ketika menyangkut masalah poligami. Penelitian ini membahas tentang penafsiran ayat-ayat poligami menurut Muḥammad Ḥusain Fadlullāh dalam Tafsir Min Waḥy al-Qur’ān, dan bagaimana konsep poligami menurut Muḥammad Ḥuṡain Faḍlullāh dalam konteks sosial masyarakat.
Dengan metode kualitatif, penelitian ini mengkaji ayat-ayat yang terdapat term poligami dalam kitab Tafsir Min Waḥy al-Qur’ān, karya Muḥammad Ḥusain Fadlullāh. Hasil penelitian ini yang pertama; bahwa dalam menjelaskan ayat an-Nisa’: 3, bagi beliau adalah cara terbaik untuk memahami tentang poligami dengan menempatkan ayat poligami dalam konteks siapa yang dituju, berdasarkan tuntunan berlaku adil terhadap anak yatim sebagai aksentuasi ayat poligami. Maka penyebutan ”nikailah wanita yang kamu sukai dua, tiga, dan empat” adalah dalam konteks penekanan terhadap perintah berlaku adil. Kata fa in yang artinya “maka jika” sebagai bentuk kata syarat. Kedua, Konsep poligami Muḥammad Ḥusain Fadlullāh dibagi menjadi dua bagian: Yakni yang pertama, keadilan dalam muamalah. Kedua, keadilan dalam bidang immaterial (cinta).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Poligami; Tafsir Alquran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1226 Interpretation and Criticism
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 02:50
Last Modified: 16 Nov 2021 06:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10362

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics