Hubungan antara motivasi intrinsik dengan prestasi belajar baca tulis Al-Qur’an pada siswa Madrasah Diniyyah Al-Huda Mrisen Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak

Mutmainah, Mutmainah (2019) Hubungan antara motivasi intrinsik dengan prestasi belajar baca tulis Al-Qur’an pada siswa Madrasah Diniyyah Al-Huda Mrisen Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1404046056_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (1404046056_Skripsi_Lengkap)
skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Berhasil dan tidaknya suatu proses belajar salah satunya dapat diketahui dari prestasi yang diperoleh seorang siswa selama belajarnya, yang berupa penambahan pengetahuan dan kemahiran menuju arah kemajuan demikian, prestasi siswa dalam belajar Baca Tulis Al-Qur’an adalah hasil yang dicapai oleh siswa dalam belajar Baca Tulis Al-Qur’an. Salah satu faktor yang mempengaruhi siswa dalam pemerolehan prestasi dalam belajar adalah motivasi yang dimiliki siswa. Motivasi yang timbul dari dalam individu yang ada sejah lahir tanpa ada pengaruh dari luar. Motivasi dari dalam diri (intrinsik) lebih kuat di banding dengan motivasi ekstrinsik, oleh karena itu pendidikan harus menimbulkan motif intrinsik dengan mengembangkan minat mereka terhadap pembelajaran yang akan berdampak pada prestasi belajar
Penelitian ini berjudul “Hubungan antara Motivasi Intrinsik dengan Prestasi Belajar Baca Tulis Al-Qur’an pada Siswa Madrasah Diniyyah Al-Huda Mrisen Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak” yang bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara Motivasi Intrinsik dengan Prestasi Belajar Baca Tulis Al-Qur’an pada Siswa Madrasah Diniyyah Al-Huda Mrisen Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak.
Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pendekatan lapangan (field research). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Madrasah Dinniyah Al-Huda Mrisen kelas 1 Wusto. Karena jumlah populasi kurang dari 100 maka penelitian ini merupakan penelitian populasi. Adapun populasi disini sebanyak 55 siswa yang kemudian menjadi sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran skala. Analisis data menggunakan korelasi Product Moment dari karl pearson dengan bantuan program SPSS (Statistical Product and Service Solutions) 16.0 for windows.
Berdasarkan hasil perhitungan secara statistik menunjukkan kategori subjek pada variabel Motivasi Intrinsik diperoleh 27 siswa dari 55 subjek termasuk dalam kategori cukup. Ini menunjukkan bahwa tingkat motivasi intrinsik pada siswa Madrasah Diniyyah Al-Huda Mrisen Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak tergolong cukup.
Sedangkan hasil perhitungan secara statistik dalam variabel prestasi belajar Baca Tulis Al-Qur’an diperoleh 27 subjek dari 55 subjek termasuk kategori cukup. Ini menunjukkan bahwa tingkat prestasi belajar Baca Tulis Al-Qur’an pada siswa Madrasah Diniyyah Al-Huda Mrisen Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak tergolong cukup.
Berdasarkan uji hipotesis antara motivasi intrinsik dengan prestasi belajar Baca Tulis Al-Qur’an pada siswa Madrasah Diniyyah Al-Huda Mrisen Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak diperoleh nilai = 0,526 dengan p = 0,000 (p<0,01). Hasil ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima yaitu terdapat hubungan positif yang signifikansi antara motivasi intrinsik dengan prestasi belajar Baca Tulis Al-Qur’an pada siswa Madrasah Diniyyah Al-Huda Mrisen Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Motivasi intrinsik; Prestasi belajar; Baca tulis Alquran
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Conscious mental processes and intelligence
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 03:54
Last Modified: 19 Jun 2021 01:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10370

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics