Kecenderungan putus sekolah anak di Desa Bandung Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang

Kamalia, Kamalia (2019) Kecenderungan putus sekolah anak di Desa Bandung Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1504046048_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (1504046048_Skripsi_Lengkap)
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan bukan hanya sebuah kewajiban, lebih dari itu pendidikan merupakan sebuah kebutuhan. Dimana manusia akan lebih berkembang dengan adanya pendidikan. Permasalahan pendidikan yang ada di Indonesia yaitu masih banyak anak-anak yang tidak melanjutkan jenjang pendidikannya atau memilih drop out dari sekolah. Drop out atau putus sekolah terjadi karena berbagai faktor, diantaranya ekonomi, keluarga dan faktor internal anak. di Desa Bandung Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang. Putus sekolah di desa Bandung masih terbilang cukup tinggi. Kesadaran warga akan pentingnya pendidikan juga dinilai masih sangat kurang.. Banyak anak usia sekolah yang tidak melanjutkan pendidikannya dikarenakan berbagai faktor. 15% dari anak usia sekolah di Desa Bandung tidak melanjutkan pendidikannya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apa faktor-faktor penyebab anak putus sekolah di Desa Bandung Kec. Pecalungan Kab. Batang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sedangkan analisisnya menggunakan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Obyek dari penelitian ini yaitu anak putus sekolah dan orang tua dari anak putus sekolah di Desa Bandung, Kecamatan Pecalungan, Kabupaten Batang.
Dari hasil penelitian faktor-faktor penyebab anak putus sekolah di Desa Bandung Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang disebabkan karena berbagai permasalahan, baik dalam permasalahan pribadi anak sendiri maupun faktor luar anak sendiri. Faktor tersebut dibagi menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal penyebab anak putus sekolah di Desa Bandung Kecamatan Pecalungan Kabupeten Batang diantaranya adalah rendahnya minat anak untuk bersekolah, anak menganggap sekolah tidak menarik dan ketidakmpuan anak dalam mengikuti pelajaran. Dan faktor eksternal anak putus sekolah di Desa Bandung adalah karena faktor ekonomi dan kurangnya perhatian orang tua terhadap anak. Sedangkan faktor dominan penyebab anak putus sekolah di Desa Bandung adalah faktor rendahnya minat anak untuk bersekolah dan faktor ekonomi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Putus sekolah; Anak; Pendidikan
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 04:05
Last Modified: 19 Jun 2021 01:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10375

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics