Efektivitas modul pembelajaran berpendekatan Chemo-entrepreneurship (CEP) pada materi hidrolisis garam untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA MAN Kendal

Subhan, Nur Choiriyah (2019) Efektivitas modul pembelajaran berpendekatan Chemo-entrepreneurship (CEP) pada materi hidrolisis garam untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA MAN Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 1403076049_Skripsi]
Preview
Text (1403076049_Skripsi)
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui efektivitas modul pembelajaran berpendekatan CEP pada Materi Hidrolisis Garam untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA MAN Kendal dan (2) mengetahui efektivitas modul pembelajaran berpendekatan CEP pada Materi Hidrolisis Garam untuk Meningkatkan hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA MAN Kendal. Metode penelitian yang digunakakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest Control Group Design. Penelitian ini menggunakan dua sampel yang berbeda yaitu kelas XI IPA 3 (kelas eksperimen) dan kelas XI IPA 2 (kelas kontrol). Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Berdasarkan data hipotesis menggunakan uji t-test pada taraf signifikan 5% dan dk = 56, diperoleh thitung > ttabel, 1,885 > 1,672 untuk minat belajar dan 3,712 > 1,672 untuk hasil belajar yang dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Uji peningkatan dengan N-gain minat belajar dan hasil belajar diperoleh hasil antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu geksperimen > gkontol, 0,388 > 0,260 untuk minat belajar dan 0,536 > 0,401 untuk hasil belajar yang artinya minat belajar dan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil analisis minat belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yang dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen 70,04% dan kelas kontrol 65,97%. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berpendekatan CEP pada materi hidrolisis garam dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA MAN Kendal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Modul pembelajaran; Chemo-Entrepreneurship (CEP); Minat belajar; Hasil belajar; Hidrolisis garam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 542 Techniques, procedures, equipment, materials
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 07:05
Last Modified: 30 Dec 2019 07:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10389

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics