Pengembangan media ular tangga bercerita berbasis pendidikan karakter untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi ekosistem siswa kelas X MA Hidayatul Mubtadi’in

Solekhah, Inayatus (2019) Pengembangan media ular tangga bercerita berbasis pendidikan karakter untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi ekosistem siswa kelas X MA Hidayatul Mubtadi’in. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Ilmu Pendidikan Biologi]
Preview
Text (Ilmu Pendidikan Biologi)
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran memiliki peran dan fungsi penting untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakterisik, tingkat kelayakan dan efektivitas dari pengembangan media pembelajaran ular tangga bercerita berbasis pendidikan karakter untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Jenis penelitian ini model ADDIE dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara tidak terstruktrur, angket, dan tes soal uraian kemampun berpikir kritis. Populasi dalam penelitian ini yaitu: kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 25 orang siswa dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 21 orang siswa. Pengembangan media ular tangga bercerita terdiri dari: papan ular tangga bercerita, kartu soal, kartu kunci, petunjuk permainan, buku pegangan, dan kotak penyimpanan. Selain itu, terdapat penanaman nilai karakter peduli sosial, peduli lingkungan, komunikatif, dan kreatif dengan soal berbentuk uraian MOTS dan HOTS yang terdapat aspek berpikir kritis yaitu: interpretasi, inferensi, analisis, penjelasan, dan evaluasi, disimpulkan rata-rata indikator kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol.Hasil kelayakan produk dari ahli materi di peroleh dengan perentase 85% ahli media dengan persentase 82,6% dan hasil praktisi pendidikan dengan kategori 88% disimpulkan produk sangat layak digunakan. Hasil respon siswa pada uji skala kecil dari 10 orang diperoleh persentase 86% dan uji skala besar dengan persentase 88% berkategori sangat menarik. Keefektivan media pembelajaran ular tangga bercerita berbasis pendidikan karakter diperoleh rata-rata kelas ekperimen 74.2 sedangkan rata-rata kelas kontrol 66.07 dengan nilai thitung= 3.891 dan ttabel=2.0154, sehingga thitung > ttabel dan Ha diterima dan Ho di tolak, disimpulkan terdapat perbedaan hasil post-test kelas ekperimen dengan kelas kontrol. Uji N-gain didapatkan nilai rata-rata kelas kontrol 35.32 yang berarti sedang dan nilai rata-rata kelas eksperimen 43.48 yang berarti sedang, sehingga disimpulkan bahwa penggunaan media ular tangga bercerita berbasis pendidikan karakter terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X pada materi ekosistem MA Hidayatul Mubtadi’in.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Ular Tangga Bercerita; Pendidikan Karakter; Berpikir Kritis; ekosistem
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 574 [Unassigned -- Dahulu Biology-Edisi 20]
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 30 Dec 2019 09:04
Last Modified: 30 Dec 2019 09:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10411

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics