Amirotun, Awaliya (2019) Perencanaan pengembangan strategi pemasaran pendidikan berbasis analisis swot di MI Negeri Brakas, Demak. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Ilmu Manajemen Pendidikan Islam_1403036054]
Preview
Text (Ilmu Manajemen Pendidikan Islam_1403036054)
9. SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Melihat kondisi global yang terus bergulir dan melihat tantangan masa depan yang semakin kompleks menuntut lembaga pendidikan juga mengikuti perubahan yang terjadi, salah satunya dibidang pemasaran pendidikan yang sesuai dengan permintaan konsumen/pengguna jasa pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi pemasaran pendidikan melalui analisis SWOT. Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: 1) Bagaimana menentukan faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dalam strategi pemasaran pendidikan di MI Negeri Brakas, Demak, 2) Bagaimana menentukan faktor eksternal (peluang dan ancaman) dalam strategi pemasaran pendidikan di MI Negeri Brakas, Demak, 3) Bagaimana menentukan pengembangan strategi pemasaran pendidikan berbasis analisis SWOT di MI Negeri Brakas, Demak.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Variabel-variabel dalam penelitian ini terdiri dari tiga variabel yaitu faktor internal, faktor eksternal, dan strategi pemasaran. Teknik pengumpulan data melalui angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan cara triangulasi data. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis lingkungan internal memiliki kekuatan yaitu kualitas produk/program, biaya yang diterapkan, lokasi strategis, pelayanan sekolah, jaminan kualitas, dan kerjasama sekolah dengan pihak lain. Sedang kelemahannya adalah tidak adanya anggaran khusus untuk pemasaran, resiko penurunan calon peserta didik karena sistem pemasaran masih konvensional (tidak menggunakan media online), keterbatasan sarana dan prasarana, kurangnya fasilitas teknologi untuk media pemasaran. Pada kondisi eksternal peluang yang dimiliki meningkatnya pangsa pasar/calon peserta didik, produk/program yang ditawarkan memiliki keunikan dibidang sekolah lain, citra sekolah dimata konsumen/pengguna jasa pendidikan, dan kerjasama sekolah dengan lembaga lain. Ancaman yang dihadapi yaitu tingkat persaingan sekolah, kemajuan teknologi dalam pemasaran, dan program pendidikan gratis. Strategi yang dapat diterapkan yaitu strategi agresif karena berada pada kuadran I (Strategi SO (Strength Opportunities).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran; Analisis SWOT
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 31 Dec 2019 01:10
Last Modified: 31 Dec 2019 01:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10432

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics