Implementasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Semarang tahun pelajaran 2018/2019

Wachid, Nur (2019) Implementasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 1403016050_Skripsi]
Preview
Text (1403016050_Skripsi)
PDF FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi oleh realitas pendidikan pada masa sekarang. Penurunan kualitas pendidikan di Indonesia yang kurang menaruh perhatian terhadap pendidikan afektif peserta didik yang mengakibatkan merosotnya moralitas generasi muda, beberapa tindakan yang tidak sesuai dengan nilai dan norma sudah menjadi hal yang biasa, seperti korupsi, kenakalan antar remaja, menyontek, berani kepada guru, tawuran siswa dengan sekolah yang lain dan lain sebagainya. Beberapa pihak mensinyalir bahwa merosotnya moralitas yang terjadi di Indonesia salah satunya karena rendahnya mutu pendidikan yang mana kurang memperhatikan pendidikan karakter bagi peserta didiknya. Berbagai upaya telah dilakukan, salah satunya pemerintah membuat program sekolah penguatan pendidikan karakter yang diterapkan di seluruh provinsi di Indonesia. Untuk Provinsi Jawa Tengah, kota Semarang yang terpilih dan salah satu sekolah yang ditunjuk adalah SMA Negeri 1 Semarang.
Studi ini bertujuan untuk menjawab permasalahan: bagaimana implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Semarang.
Permasalahan tersebut dibahas dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi. Setelah semua data diperoleh melalui teknik pengumpulan data, kemudian data dianalisis melalui proses tahapan pengelolaan data berupa: reduksi data, data display, conclusion drawing/verifikasi. Data yang terkumpul bersifat deskriptif dengan teknik analisis datanya menggunakan teknik komponensial.
Hasil kajian ini menunjukkan bahwa: implementasi pendidikan karakter dalam PAI di SMA Negeri 1 Semarang dilakukan dengan tahap perencanaan dan pelaksanaan. Perencanaan: dengan membuat silabus dan RPP, dalam silabus dan RPP untuk mengembangkan nilai karakter yang di implementasikan dalam pembinaan karakter dalam pembelajaran. Pelaksanaan: dengan kegiatan intrakurikuler, dengan mengintegrasikan 18 nilai karakter ke dalam semua materi PAI. Metode yang digunakan yaitu mengajarkan, keteladanan dan pembiasaan. Pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Semarang tidak berbeda dengan proses pembelajaran pada umumnya, perbedaannya hanya pada perencanaan, yaitu terdapat nilai karakter yang akan dikembangkan dalam pembinaan karakter dalam pembelajaran. Pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Semarang terbilang bagus, karena menimbulkan dampak yang positif bagi karakter peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter; Pendidikan Agama Islam (PAI)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 31 Dec 2019 01:17
Last Modified: 31 Dec 2019 01:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10441

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics