Internalisasi pendidikan karakter mandiri di Panti Asuhan Al-Hikmah Wonosari Ngaliyan Semarang

Qolbi Ahada, Abdullah Syifaul (2019) Internalisasi pendidikan karakter mandiri di Panti Asuhan Al-Hikmah Wonosari Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Ilmu Pendidikan Agama islam_1403016069]
Preview
Text (Ilmu Pendidikan Agama islam_1403016069)
Abdullah Syifaul Qolbi Ahada___1403016069.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Panti Asuhan Al-Hikmah merupakan representasi lembaga sosial dengan program layanan khusus yang berkomitmen untuk menjadi pusat pelatihan kemandirian sekaligus rumah bagi anak penyandang masalah kesejahteraan sosial, baik secara mental, moral-spiritual dan juga sosial. Sistem pendidikan yang dijalankan oleh panti asuhan Al-Hikmah adalah dengan berbasis realitas kebutuhan anak guna menghadapi era global yang semakin kompleks dan kompetitif. Hal ini dimaksudkan agar kelak kemudian hari sekembalinya terjun hidup bermasyarakat, anak asuhnya pun juga dapat diterima lingkungan dan mampu menjadi pelopor kebermanfaatan. Fokus pembelajaran yang ditekankan disini tidak lain lebih mengarah pada keseimbangan duniawi dan ukhrawi. Artinya dalam hal ini, pembelajaran yang diberikan tidak hanya terkait hal-hal yang bersifat pemenuhan biologis dan materi semata, akan tetapi secara holistik juga mencakup nilai-nilai universal, bio-psiko-sosial, dan spiritual.
Skripsi ini membahas tentang Internalisasi Pendidikan Karakter Mandiri di Panti Asuhan Al-Hikmah Wonosari Ngaliyan Semarang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ihwal bagaimana upaya panti asuhan Al-Hikmah dalam membangun kemandirian anak asuhnya? Sedangkan fokus penelitian yang akan dikaji adalah: (1) bagaimana internalisasi pendidikan karakter mandiri di panti asuhan Al-Hikmah Wonosari Ngaliyan Semarang; (2) faktor-faktor yang mendukung internalisasi pendidikan karakter mandiri di panti asuhan Al-Hikmah Wonosari Ngaliyan Semarang (3) bagaimana implikasi dari pendidikan karakter mandiri yang dilaksanakan bagi anak di panti asuhan Al-Hikmah Wonosari Ngaliyan Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan lokasi Panti Asuhan Al-hikmah Wonosari Ngaliyan Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi dengan menggunakan instrument pengumpulan data yaitu pedoman wawancara, pedoman observasi dan format dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah analisis interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun sumber data pada penelitian ini yaitu pengasuh panti asuhan sebanyak 3 orang, serta 3 siswa/i dari masing-masing tingkat kelas.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya internalisasi pendidikan karakter mandiri di panti asuhan Al-Hikmah Wonosari Ngaliyan Semarang dijalankan melalui kegiatan pembelajaran sehari-hari yaitu memberikan teladan akan perilaku yang mengarah pada kemandirian, memberi pemahaman kepada anak asuh mengenai pentingnya memiliki karakter mandiri dan juga mengembangkannya. Tidak hanya itu, panti asuhan Al-Hikmah juga melibatkan anak untuk terjun langsung dalam hal-hal kemandirian secara disiplin, agar karakter anak mampu terbentuk melalui prinsip internalisasi yang terus dibiasakan secara konsisten dan berjenjang sesuai kemampuan individualitas mereka masing-masing. Proses pencapaian kemandirian anak ini juga didukung oleh sejumlah faktor dari dalam diri anak sendiri (internal), maupun dari luar diri anak (eksternal). Adapun Faktor internal yang mendukung kemandirian anak di panti asuhan Al-Hikmah diketahui mencakup atas kebutuhan, kepedulian, keinginan dan harapan. Sedang untuk faktor eksternal yang dimaksud adalah meliputi hubungan interpersonal, pengalaman belajar, serta dukungan dari lingkungan.
Proses pendidikan yang diselenggarakan oleh panti asuhan Al-Hikmah, sebagian besar diketahui telah berhasil membawa dampak perubahan dalam kehidupan anak. Keberhasilan atas proses pendidikan ini secara substantif termanifestasi dalam perilaku anak yang tidak hanya mandiri dalam kebutuhan fisiologis semata, akan tetapi juga berhasil memiliki kemandirian psikologis serta pemahaman agama yang baik (mahdoh dan muamalah), sesuai dengan tingkat kemandirian masing-masing anak. Agar kelak kemudian hari sekembalinya terjun hidup bermasyarakat, mereka pun juga dapat diterima lingkungan dan justru mampu menjadi pelopor kebermanfaatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Internalisasi; Pendidikan; Karakter Mandiri; Panti Asuhan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 31 Dec 2019 01:18
Last Modified: 31 Dec 2019 01:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10442

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics