Pengembangan media pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis moodle efektif terhadap keaktifan siswa kelas X SMA Negeri 1 Blora

Alfi Ulyatin, Nur ‘Aini (2019) Pengembangan media pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis moodle efektif terhadap keaktifan siswa kelas X SMA Negeri 1 Blora. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Ilmu Pendidikan Agama Islam_1403016096]
Preview
Text (Ilmu Pendidikan Agama Islam_1403016096)
skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengembangkan jenis media pembelajaran pendidikan agama Islam berbasi Moodle yang efektif terhadap keaktifan siswa kelas X SMA Negeri 1 Blora, 2) mengetahui efektivitas hasil pengembangan media pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis Moodle terhadap keaktifan siswa kelas X SMA Negeri 1 Blora. Adanya penelitin ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Sedangkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sangat penting sebab keaktifan siswa menjadikan pembelajaran berjalan sesuai dengan perencanaan pembelajaran yang sudah disusun oleh guru, sehingga tujuan pembelajaran yang sudah dirumuskan akan tercapai.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengambangan (research and development). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Blora. Adapun metode yang digunakan untuk memperoleh data atau informasi yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Sedangkan metode pengembangan yang penulis gunakan yaitu ADDIE, Analyze (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi).
Hasil penelitian ini berupa : 1) produk media pembelajaran pendidikan agama Islam bersabis moodle, 2) media pembelajaran ini layak digunakan, 3) media pembelajaran ini efektif terhadap keaktifan siswa. Kelayakan media pembelajaran berdasarkan penilaian dari ahli materi maupun ahli media yang masing-masing memberikan penilaian dengan kategori layak, yaitu 80% untuk aspek isi/materi, 82,2 % untuk aspek pembelajaran, 78,9% untuk aspek rekayasa perangkat lunak, dan 80% untuk aspek tampilan media. Sedangkan untuk menguji efektifitas dalam perbedaan peningkatan keaktifan siswa digunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji perbedaan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata klasikal kelas eksperimen lebih baik dari pada nilai rata-rata kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan uji perbedaan rata-rata pihak kanan diperoleh thitung = 7,781 dan ttabel = 1,260 dengan taraf signifikan 5%. Sehingga thitung > ttabel yaitu 7,781 > 1,260. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran berbasi moodle dengan kelas kontrol yang menggunakan media pembelajaran yang biasa digunakan terhadap keaktifan siswa.
Kesimpulan yang didapat dalam penelitian ini bahwa pengembangan media pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis moodle efektif terhadap keaktifan siswa kelas X SMA Negeri 1 Blora, khususnya pada mata pelajaran menghindari pergaulan bebas dan perbuatan zina.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Moodle; Keaktifan Siswa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 31 Dec 2019 01:22
Last Modified: 31 Dec 2019 01:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10444

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics