Studi komparasi konsep pendidikan karakter pada anak perspektif Ki Hadjar Dewantara dan Kh. Hasyim Asy’ari

Naim, Muhamad Zainon (2019) Studi komparasi konsep pendidikan karakter pada anak perspektif Ki Hadjar Dewantara dan Kh. Hasyim Asy’ari. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 1503016062_skripsi]
Preview
Text (1503016062_skripsi)
Muhamad Zainon Na’im___1503016062.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah berangkat dari fenomena dekadensi moral maupun karakter bangsa yang kian lama semakin krisis. Diakui atau tidak diakui, krisis moralitas maupun karakter bangsa telah melibatkan milik kita yang paling berharga, yaitu anak-anak. Fakta-fakta seputar kemerosotan karakter anak pada sekitar kita mengindikasikan bahwa ada kegagalan pada institusi pendidikan kita dalam hal menumbuhkan manusia yang berkarakter atau berakhlak mulia. Atas kondisi demikian, memberi isyarat akan pentingnya penguatan karakter pada anak dalam lembaga pendidikan untuk mengatasi krisis moral yang tak kunjung usai sampai saat ini.
Dalam hal ini, penulis tertarik untuk mengkaji pemikiran Ki Hadjar Dewantara dan KH. Hasyim Asy’ari mengenai pendidikan karakter pada anak. Alasan penulis tertarik mengkaji pemikiran Ki Hadjar Dewantara dan KH. Hasyim Asy’ari, karena kedua tokoh tersebut adalah aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia, sekalipun pelopor pendidikan bagi bangsa Indonesia. Ki Hadjar Dewantara sebagai bapak pendidikan nasional berangkat dari latar belakang pendidikan formal barat dan berhasil mendirikan Taman Siswa. Adapun KH. Hasyim Asy’ari sebagai ulama bangsa pendiri NU berangkat dari latar belakang pendidikan pesantren dan berhasil mendirikan Pesantren Tebu Ireng.
Penelitian ini mengambil fokus masalah: 1) Bagaimana konsep pendidikan karakter pada anak perspektif Ki Hadjar Dewantara dan KH. Hasyim Asy’ari? 2) Bagaimana persamaan dan perbedaan konsep pendidikan karakter pada anak perspektif Ki Hadjar Dewantara dan KH. Hasyim Asy’ari?
Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan/literatur (library research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan historis, filosofis dan komparatif. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi dengan mengidentifikasi wacana dari buku-buku/literasi atau karya-karya lainnya, seperti majalah, artikel atau makalah, jurnal, web, ataupun informasi lainnya yang berhubungan dengan pembahasan penelitian. Analisis data menggunakan analisis kualitatif komparasi konstant, yaitu teknik yang digunakan untuk membandingkan kejadian-kejadian yang sama untuk dianalisis pada waktu yang sama dan dilakukan secara terus menerus, dengan batasan selama penelitian berlangsung.
Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa konsep pendidikan karakter anak perspektif Ki Hadjar Dewantara adalah suatu upaya disengaja secara terpadu dalam rangka untuk menjaga kebudayaaan bangsa dan memajukan bertumbuhnya budipekerti, pikiran dan tubuh anak, dalam upaya memajukan kehidupan dan penghidupan anak-anak yang selaras dengan dunianya. Sedangkan pendidikan karakter anak menurut KH. Hasyim Asy’ari adalah upaya pedagogis (memanusiakan manusia) untuk mentransfer sejumlah nilai yang dianut oleh masyarakat suatu bangsa kepada anak atau peserta didik melalui proses pembelajaran, agar bertaqwa kepada Allah Swt, dan pantas menyandang predikat sebagai manusia yang paling mulia dibandingkan makhluk lain yang diciptakan oleh Tuhan.
Persamaan pemikiran keduanya terletak pada orientasi pendidikan yang mengarah pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Adapun perbedaannya adalah Ki Hadjar Dewantara berorientasi ke arah kebudayaan timur karena sebagai kaum bangsawan. Sedangkan KH. Hasyim Asy’ari lebih menggunakan pada sudut pandang agama Islam, sehingga konsep yang ditawarkan juga dominan pada pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter; Pendidikan anak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 10 Jan 2020 08:09
Last Modified: 10 Jan 2020 08:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10469

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics