Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam pada lembaga pendidikan nonformal Kejar Paket C di PKBM Al-Huda Wonowoso Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak 2018/2019

Riyanto, Agus (2019) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam pada lembaga pendidikan nonformal Kejar Paket C di PKBM Al-Huda Wonowoso Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 1503016074_Skripsi]
Preview
Text (1503016074_Skripsi)
skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada penulisan Skripsi ini membahas pelaksanaan pelaksanaan pembelajaran PAI. Dengan latar belakang sekolah Nonformal Kejar Paket C, dimana peserta didiknya hanya berorientasi pada Ijazah, dan bahkan kebanyakan dari pesertanya adalah orang yang tidak melanjutkan sekolah dan ada juga yang di Drop Out dari sekolah sebelumnya. Dan pelaksanaannya pun kurang sesuai dengan prosedur yang ada.
Rumusan Masalah. 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada lembaga pendidikan Nonformal Program Kejar Paket C di PKBM Al-Huda Wonowoso, Karangtengah, Demak 2018/2019. 2) Apa saja problematika yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada lembaga pendidikan Nonformal Program Kejar Paket C di PKBM Al-Huda Wonowoso, Karangtengah, Demak 2018/2019. 3) Bagaimana solusi untuk mengatasi problematika yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada lembaga pendidikan Nonformal Program Kejar Paket C di PKBM Al-Huda Wonowoso, Karangtengah, Demak 2018/2019.
Penelitian ini adalah penelitian Kualitatif. Untuk mengumpulkan data digunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan teknik analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya beberapa problematika dalam pelaksanaan pembelajaran PAI, 1) sarana dan prasaran yang kurang memadai 2) kurangnya jam mata pelajaran 3) keahlian tutor yang mengajar juga tidak sesuai dengan jenjang yang diajarkannya dan 4) keanekaragaman pengetahuan agama peserta didik mengingat perbedaan latar belakang yang berbeda beda. Adapun solusi mengatasi problematika tersebut adalah 1) melakukan perencanaan, penyimpanan, penataan dan penghapusan barang yang tidak terpakai. 2) pemanfaatan waktu secara maksimal. 3) tutor seharusnya menggunakan metode dengan sebaik mungkin agar siswa tidak bosan dan belajar bisa menyenangkan.
Penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para pengajar, para peneliti dan para praktisi pendidikan terutama dalam meningkatkan belajar PAI

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam (PAI); Lembaga Pendidikan Nonformal; Kejar Paket C
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 10 Jan 2020 08:16
Last Modified: 10 Jan 2020 08:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10471

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics