Implementasi kurikulum PAI dalam penanaman nilai-nilai akhlak siswa kelas 3 di MI Terpadu Nurul Islam Ngaliyan Semarang

Khoiriyyah, Na’imatul (2019) Implementasi kurikulum PAI dalam penanaman nilai-nilai akhlak siswa kelas 3 di MI Terpadu Nurul Islam Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 1503016081_Skripsi]
Preview
Text (1503016081_Skripsi)
NA'MATUL KHOIRIYYAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang implementasi kurikulum PAI dalam penanaman nilai-nilai akhlak siswa di MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang dengan objek penelitian kelas 3 di MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang yang bertempat di Ringinwok, Kecamatan Ngaliyan, Kabupaten Semarang. Studi dalam penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan : Bagaimana implementasi kurikulum PAI dalam penanaman nilai-nilai akhlak siswa di MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang dan bagaimana penanaman nilai-nilai akhlak siswa di MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang pada kelas 3. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kurikulum PAI dalam penanaman nilai-nilai akhlak siswa di MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang dan untuk mengetahui bagaimana penanaman nilai-nilai akhlak siswa di MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang.
Metode observasi dan metode wawancara digunakan untuk memperoleh data tentang implementasi kurikulum PAI dalam penanaman nilai-nilai akhlak siswa di MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang sejarah singkat berdirinya MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang, visi, misi, tujuan dan struktur organisasi. Adapun teknis analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang dalam implementasi kurikulum PAI dalam penanaman nilai-nilai akhlak siswa mencakup 3 (tiga) ruang lingkup akhlak yaitu: akhlak terhadap Allah SWT, akhlak terhadap sesama manusia, dan akhlak terhadap lingkungan. Implementasi kurikulum PAI dalam penanaman nilai-nilai akhlaknya dilakukan disetiap mata peljaran PAI yang mencakup Al-Qur’an Hadist, aqidah akhlak, fikih, sejarah kebudayaan Islam dan bahasa Arab. Penanaman nilai-nilai akhlak juga dilakukan pada setiap kesempatan dan setiap tahapan, mulai dari pembukaan, kegiatan inti, istirahat, penutup. Sedangkan kendala yang hadapi ada tiga kendala yaitu dari pendidik, kendala teknis dan dari peserta didik itu sendiri. Meskipun terdapat beberapa kendala itu bisa diatasi karena pendidik yang kompeten dan profesional serta fasilitas yang lengkap serta memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kurikulum; Pendidikan Agama Islam (PAI); Akhlak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 10 Jan 2020 08:19
Last Modified: 10 Jan 2020 08:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10472

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics