Studi tentang pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Al-Falah Perum BPI Ngaliyan Semarang

Sulung, Miss Chalma (2019) Studi tentang pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Al-Falah Perum BPI Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 1703016152_Skripsi]
Preview
Text (1703016152_Skripsi)
skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Taman pendidikan Qur’an (TPQ) merupakan salah satu pendidikan anak usia dini yang bersifat non formal. Pendidikan non Formal adalah jalur pendidikan diluar pendidikan formal yang dapat di laksanakan secara terstruktur dan berjenjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran Al-Qur`an di TPQ Al-Falah Perum BPI Semarang dan untuk mengetahui kelemahan dan kekurangan tentang pembelajaran Al-Qur`an di TPQ Al-Falah Perum BPI Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yakni penelitian yang langsung dilakukan pada responden. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif.
Dari data wawancara kelima responden tentang pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, materi pembelajaran, evaluasi pembelajaran di TPQ Al-Falah dapat disimpulkan sangat baik. Hal ini dapat dipahami karena keberadaan TPQ Al-Falah sangat membantu anak-anak untuk belajar membaca dan menulis al-Qur’an. Di samping itu anak dapat belajar praktik sholat dan belajar melaksanakan kegiatan yang sangat bermanfaat seperti seni rebana dan belajar mewarnai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Al-Qur’an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 17 Jan 2020 03:32
Last Modified: 17 Jan 2020 03:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10482

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics