Etika belajar dalam kitab Adabul Alim Wal Muta'alim karya K.H. Hasyim Asy'ari

Mustaqim, Imam Nursidiq (2019) Etika belajar dalam kitab Adabul Alim Wal Muta'alim karya K.H. Hasyim Asy'ari. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 123111080_Skripsi]
Preview
Text (123111080_Skripsi)
pdf full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai etika belajar dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim karya K.H. Hasyim Asy’ari. Kajiannya dilatarbelakangi oleh pentingnya peran etika sebagai pondasi dalam pendidikan, khususnya pendidikan Islam. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : Bagaimana etika belajar dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim karya K.H. Hasyim Asy’ari ?.
Penelitian ini melalui metode Library Research (Kajian Pustaka) dengan menggunakan analisis deskriptif. Data yang telah terkumpul kemudian di analisis secara nin statisti, dengan data primer sebagai sumber data utama dan data sekunder sebagai sumber data pendukung. Adapun metode analisis datanya menggunakan metode analisis deskriptif. Dimana data yang terkumpul kemudian dianalisis secara non statistik, yaitu analisis untuk mengungkapkan gagasan pemikiran tokoh yang diteliti serta interpretasi data sebagai pendukung dalam menyampaikan pendapat dan pemikiran tokoh yang diteliti.
Dari penelitian ini ditemukan baha pemikiran K.H. Hasyim Asy’ari tentang etika belajar yang terdapat dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim adalah sebagai berikut : 1) membersihkan hati; 2) niat; 3) semangat; 4) qana’ah; 5) pandai membagi waktu; 6) mengatur pola makan dan minum; 7) wara’ (menjaga diri); 8) mengurangi makanan yag menyebabkan lemah pikiran; 9) mengurangi waktu tidur; 10) mengurangi pergaulan.
Pemikiran K.H. Hasyim Asy’ari mengenai etika yang harus dipedomani oleh peserta didik masih sangat relevan untuk diterapkan dalam proses pembelajaran pada saat ini, terlebih bagi pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Etika belajar; Etika guru; Etika siswa; Pendidikan gama Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 17 Jan 2020 03:37
Last Modified: 17 Jan 2020 03:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10485

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics