Analisis strategi pemasaran rumah makan Kedai Jomer Parakan dalam menghadapi persaingan usaha

Asad, Ali (2019) Analisis strategi pemasaran rumah makan Kedai Jomer Parakan dalam menghadapi persaingan usaha. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_122411054_lengkap]
Preview
Text (skripsi_122411054_lengkap)
122411054_SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam pemasaran ada strategi bauran pemasaran yang
terdiri dari produk, promosi, harga, dan tempat. Dari segi bauran
pemasaran tersebut Kedai Jomer Parakan sangat memerhatikan
produk, kebersihan tempat dan pada pelayanannya, tetapi
mengenai tempat masih di rasa belum cukup luas apalagi tempat
parkir yang masih cukup sempit sehingga banyak konsumen yang
merasa kurang nyaman dengan tempat tersebut. Serta dalam
promosi Kedai Jomer hanya mengunakan media Instagram dan
Grabfood, Kedai Jomer tetap menjadi restoran yang banyak
pengunjung. Untuk itu perlu dilakukan penelitian mengenai
strategi pemasaran Kedai Jomer ditinjau dari sisi Ekonomi Islam
yang dijabarkan dalam dua permasalahan: 1) Bagaimana strategi
rumah makan Kedai Jomer dalam menarik minat konsumen ? 2)
Bagaimana strategi pemasaran rumah makan Kedai Jomer untuk
menghadapi persaingan pasar ?
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan
pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya yaitu
observasi, wawancara, dan dokumentasi sehingga dapat diperoleh
data primer dan sekunder. Data-data yang terkumpul dianalisis
dengan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teoriteori
yang ada.
Strategi yang dilakukan Kedai Jomer yaitu bauran
pemasaran meliputi produk, pelayanan, promosi, harga, tempat
serta melakukan peningkatan pelayanan. Strategi-strategi tersebut
xi
dilakukan sesuai dengan nilai-nilai pemasaran syariah yaitu
Siddiq (benar), Amanah, Tabligh, Fathonah. Dalam strategi
penyediaan tempat yang kurang cukup luas. Pelayanan yang
dilakukan Kedai Jomer, sangat memerhatikan karakteristik
pemasaran syariah yang Humanistis artinya saling menghormati
antara sesama, terlebih lagi dengan konsumen dengan
menganggap bahwa konsumen adalah Raja. Dalam menghadapi
persaingan pasar, Kedai Jomer lebih memerhatikan internal
perusahaan dengan melakukan perbaikan Produk dan Sumber
Daya Manusia (SDM) nya. Hal tersebut berarti sesuai dengan
karakteristik pemasaran syariah antara lain Ketuhanan
(Rabbaniah), Etis (Akhlaqiah), dan Humanistis (Al-Insaniyah).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Pemasaran syariah; Rumah makan; Persaingan usaha
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 12 Feb 2020 06:20
Last Modified: 12 Feb 2020 06:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10603

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics