Analisis distribusi zakat pada program lapak berkah di Inisiatif Zakat Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Tengah

Abdul-Rohim, Anas (2019) Analisis distribusi zakat pada program lapak berkah di Inisiatif Zakat Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Tengah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1405026198_lengkap]
Preview
Text (skripsi_1405026198_lengkap)
1405026198_SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemiskinan merupakan permasalahan yang masih terus dihadapi oleh bangsa Indonesia, demikian halnya di kota Semarang Jawa Tengah. Islam mendorong negara menanggulangi kemiskinan dengan cara memenuhi kebutuhan dasar masyarakat. Sebagai program penangulangan kemiskinan wajib dalam perekonomian islam, zakat yang dikelola secara produktif bisa meningkatkan ekonomi keluarga maupun kelompok. Pengelolaan zakat adalah sebuah sistem total yang mengalir dengan mekanisme pengelolaan dana, serta melakukan tata kelola kelembagaan serta program-program pendayagunaan zakat. Pengelolaan berarti kegiatan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Salah satu lembaga zakat yang melakukan pengelolaan dana zakat adalah Lembaga Amil Zakat Inisiatif Zakat Indonesia.

Penelitian ini bertujuan menjelaskan bagaimana pegelolaan zakat pada program Lapak Berkah di Inisiatif Zakat Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Tengah dan bagaimana dampak dari pengelolaan zakat pada program Lapak Berkah dalam peningkatan usaha mustahik di Semarang.

Penelitian ini menggunakan Penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dekriptif yaitu penelitian yang menggambarkan atau melukiskan objek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya kemudian dianalisis dan ditarik kesimpulan. Data primer diperoleh dari melalui hasil wawancara dengan kepala program Lapak Berkah Inisiatif Zakat Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Tengah. Sedangkan data sekunder penelitian ini diperoleh dari hasil kepustakaan yang berkaitan dengan penelitian ini.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengelolaan zakat program Lapak Berkah yang dilakukan Inisiatif Zakat Indonesia meliputi perencanaan yang dilakukan dengan merencanakan tempat yang dijadikan sasaran penerima zakat yang di fokuskan wilayah yang padat penduduk, lalu pengorganisasian yang dibentuk untuk mengkoordinasi para penerima manfaat Lapak Berkah, selanjutnya yaitu pelaksanaan yang dilakukan dengan memberikan gerobak dan modal usaha, lalu pengawasan yang dilakukan untuk melihat perkembangan bantuan modal dan usaha mustahik. Untuk dampak dari pengeolaan zakat dalam peningkatan usaha mustahik ada enam dari sepuluh mustahik yang mengalami peningkatan dalam usahanya. Hal ini menunjukan bahwa program Lapak Berkah dari Inisiatif Zakat Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Tengah terbilang cukup baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan zakat; Mustahik; Peningkatan usaha
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 12 Feb 2020 06:22
Last Modified: 03 Jul 2021 06:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10605

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics