Efektivitas mujahadah Manaqib Rasul dengan self-regulated learning : studi pada siswa MTs Darussalam Bermi Mijen Demak

Muna, Siti Nilna (2019) Efektivitas mujahadah Manaqib Rasul dengan self-regulated learning : studi pada siswa MTs Darussalam Bermi Mijen Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1504046041_lengkap]
Preview
Text (skripsi_1504046041_lengkap)
1504046041_SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mts Darussalam merupakan suatu sekolah yang bertempat di pesatren Darussalam desa Bermi kecamatan Mijen kabupaten Demak. Sekolah tersebut memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh sekolah-sekolah lain. Pada pukul 06.30 semua siswa sudah berada di halaman sekolah untuk melakukan mujahadah bersama KH.M.Barokah Syarqowi. Harapannya dengan mujahadah manaqib rasul siswa mampu mengatur, memanage, memanfaatkan, dan mengamalkan ilmunya dengan baik.
Penelitian ini berjudul” Hubungan Intensitas Mujahadah Manaqib Rasul Dengan Self-Regulated Learning Pada Siswa MTs Darussalam Bermi Mijen Demak” yang bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas mujahadah manaqib rasul dengan cara mengatur belajar (Self-regulated learning) pada siswa MTs Darussalam Desa Bermi Kecamatan Mijen Kabupaten Demak.
Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pendekatan lapangan (field research). Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Berdasarkan teknik tersebut diambil sampel sebanyak 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran skala. Analisis data menggunakan Product Moment dengan bantuan (Statistical Program for Social Service) SPSS versi 16.0 for windows.
Hasil uji hipotesis r x y = 0, 406 dengan p= 0,021 (p<0, 01). Hasil tersebut menunjukkan terdapat hubungan positif yang signifikan antara intensitas mujahadah manaqib rasul dan self-regulated learning pada siswa MTs Darussalam Ds. Bermi Kec. Mijen Kaab. Demak. Yaitu semakin sering dalam melalukan mujahadah manaqib rasul maka akan semakin tinggi tingkat self-regulated learningnya. Dengan kategorisasi siswa orang pada variabel intensitas mujahadah manaqib rasul diperoleh 15 subjek dari 32 subjek dengan interval skor 71, 4 - 85 atau 47% termasuk dalam kategori orang yang memiliki intensitas mujahadah manaqib rasul yang sangat tinggi dan variabel self-regulated learning 22 subjek dari 32 subjek dengan interval skor 54, 4 - 67, 2 atau 69% termasuk dalam kategori orang yang memiliki self-regulated learning yang tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Mujahadah Manaqib Rasul; Self-Regulated Learning
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 22 Feb 2020 04:14
Last Modified: 19 Jun 2021 01:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10630

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics