Penerapan pembiayaan mudharabah pada usaha kecil dan menengah di BMT Walisongo Semarang

Bakhri, Khoerul (2019) Penerapan pembiayaan mudharabah pada usaha kecil dan menengah di BMT Walisongo Semarang. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of tugas akhir_1505015007_lengkap]
Preview
Text (tugas akhir_1505015007_lengkap)
1505015007_TUGAS AKHIR.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembiayaan mudharabah pada usaha kecil dan menengah di BMT Walisongo Semarang. Pembiayaan sudah umum dikenal sebagai salah satu produk unggulan lembaga keuangan sayariah termasuk BMT. Pembiayaan mudharabah sebagai salah satu produk yang ada di BMT Walisongo sangat erat kaitannya dengan para pelaku usaha kecil dan menengah atau UKM, karena selain sebagai nasabah para pelaku usaha kecil dan menegah diharapkan dapat menjadi mitra kerja yang baik bagi BMT dengan adanya pembiayaan mudharabah yang disediakan bagi UKM oleh BMT Walisongo. Selain itu, dengan adanya pembiayaan mudharabah diharapkan dapat membantu UKM dalam mengembangkan usaha yang dijalaninya.
Dalam penelitian ini, penulis memilih memfokuskan penelitian kepada penerapan pembiayaan mudharabah pada usaha kecil menengah dan juga mekanismenya menurut fatwa DSN-MUI No.07/DSN-MUI/IV/2000.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif analitik serta menggunakan dua sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Dan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, dan wawancara. Kemudian metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Analisis data dalam penelitian kualitatif dilakukan sejak sebelum memasuki lapangan, selama di lapangan dan setelah di lapangan.
Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwamkanisme pembiayaan mudharabah pada usaha kecil dan menengah di BMT Walisongo sudah sesuai dengan fatwa DSN-MUI No.07/DSN-MUI/VI/2000 hanya saja pada BMT Walisongo jangka waktu usaha, tatacara pengembalian dana, dan pembagian keuntungan ditentukan oleh pihak BMT. Padahal menurut fatwa DSN, jangka waktu usaha, tatacara pengembalian dana, dan pembagian keuntungan ditentukan berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan; Mudharabah; Usaha kecil dan menengah (UKM)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 22 Feb 2020 04:22
Last Modified: 05 Jun 2021 02:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10635

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics