Peran account officer (AO) dalam manajemen pembiayaan di Bank BRI Syari’ah KCP Purwodadi

Maulana, Ahmad Tofiq (2019) Peran account officer (AO) dalam manajemen pembiayaan di Bank BRI Syari’ah KCP Purwodadi. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of tugas akhir_1505015036_lengkap]
Preview
Text (tugas akhir_1505015036_lengkap)
1505015036_TUGAS AKHIR.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian dalam tugas akhir ini dilatar belakangi, Banyaknya pembiayaan bermasalah dari berbagai Aspek, maka Analisis Pembiayaan sanagatlah penting guna menekan resiko pembiayaan bermasalah.
Fokus masalah dalam penulisan tugas akhir ini adalah (1) bagaimana peran Account Officer dalam manajemen pembiayaan di Bank BRI Syari’ah Kcp Purwodadi ?(2) peran Account Officer dalam mengelola pembiayaan bermasalah di Bank BRI Syar’ah Kcp Purwodadi ?
Adapun tujuan penelitian dalam tugas akhir ini adalah (1) untuk mengetahui peran Account Officer dalam memanajemen pembiayaan di Bank BRI Syari’ah Kcp Purwodadi (2) untuk mengetahui cara Account Officer mengelola pembiayaan bermasalah di Bank Syari’ah Kcp Purwodadi.
Metode Pengumpulan Data menggunakan Deskriptif Kualitatif, untuk menganalisis data digunakan Metode induktif dimana data yang berhasil peneliti kumpulkan dari lokasi penelitian, selanjutnya dianalisa dan kemudian disajikan secara tertulis dalam tugas akhir ini, data yang ditemukan dari observasi, wawancara dan dokumentasi.
Adapun hasil penelitian adalah sebagai berikut : (1) peran Account Officer dalam manajemen pembiayaan adalah a. Melakukan analisis 5C Character, Cappital, Capacity, Collateral, Conditional b. Pengawasan dilakukan untuk pengamanan pembiayaan yang diberikan kepada nasabah , dengan cara memantau rekening koran nasabah dan sering melakukan kunjungan ke rumah nasabah (2) cara Account Officer mengelola pembiayaan bermasalah a. Melakukan rescheduling yaitu penjadwalan kembali jangka waktu angsuran serta memperkecil jumlah angsuran b. Memberikan somasi ketika nasabah sudah 3 bulan tidak membayar angsuran c. Penarikan jaminan sebagaimana telah tercantum pada akad.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Account Officer; Manajemen Pembiayaan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 24 Feb 2020 09:56
Last Modified: 05 Jun 2021 03:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10636

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics