Pembiayaan IB Griya terhadap nasabah berpenghasilan rendah menggunakan akad murabahah : studi pada Bank Jateng Syariah KCP Semarang Barat

Adani An-Nisaa, Dina Shabrina (2019) Pembiayaan IB Griya terhadap nasabah berpenghasilan rendah menggunakan akad murabahah : studi pada Bank Jateng Syariah KCP Semarang Barat. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of tugas akhir_1605015004_lengkap]
Preview
Text (tugas akhir_1605015004_lengkap)
1605015004_TUGAS AKHIR.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kebutuhan primer papan yang berupa rumah telah menjadi kebutuhan dengan proporsi utama. Namun, hingga saat ini pemenuhan atas kebutuhan rumah tersebut sangatlah sulit didapatkan kalangan masyarakat yang berpenghasilan rendah, meskipun telah banyak lembaga keuangan yang merealisasikannya. Pembiayaan murabahah merupakan salah satu produk perbankan syariah, dimana jual beli barang harga asal ditambah dengan keuntungan atau margin yang telah disepakati antara bank dan calon penerima pembiayaan. Pembiayaan murabahah di Bank Jateng Syariah KCP Semarang Barat menyediakan produk iB Griya untuk pembelian rumah dengan syarat-syarat dan prosedur yang telah ditentukan Bank.
Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimana implementasi pembiayaan iB Griya terhadap nasabah berpenghasilan rendah, kemudian Kebijakan apa saja yang diambil Bank untuk mengatasi kendala pada pembiayaan murabahah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi pembiayan iB Griya terhadap nasabah berpenghasilan rendah dan kebijakan yang diambil untuk mengatasi kendala pada pembiayaan murabahah.
Penulisan Tugas Akhir ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan metode pengumpulan data wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian pada Bank Jateng Syariah KCP Semarang Barat mengenai implementasi pembiayaan iB Griya untuk masyarakat berpenghasilan rendah yaitu tidak adanya penetapan minimal penghasilan, namun adanya penetapan maksimal penghasilan pemohon, yaitu Rp 4.000.000, hal tersebut sesuai dengan Surat Keputusan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan). Adapun kendala yang dihadapi pada produk pembiayaan murabahah iB Griya yaitu persaingan antar bank, ketetapan uang muka dan persaingan promo antar bank. Kebijakan yang diambil untuk mengatasi kendala tersebut dengan memaksimalkan pelayanan, memberikan inovasi baru dan berbeda dan memanfaatkan berbagai media untuk promosi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: KPR Syariah; Masyarakat Berpenghasilan Rendah; Murabahah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 24 Feb 2020 10:20
Last Modified: 05 Jun 2021 01:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10637

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics