Penerapan akad wadiah pada tabungan batara Ib di PT. Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Syariah Semarang

Kholifah, Nur (2019) Penerapan akad wadiah pada tabungan batara Ib di PT. Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Syariah Semarang. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of tugas akhir_1605015008_lengkap]
Preview
Text (tugas akhir_1605015008_lengkap)
1605015008_TUGAS AKHIR.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

PT. Bank Tabungan Negara (BTN) Kantor Cabang Syariah Semarang memiliki beberapa produk Tabungan yang Salah satunya yaitu Tabungan Batara iB yang merupakan titipan nasabah yang harus dijaga oleh bank dan dapat diambil sewaktu-waktu oleh nasabah dengan menerapkan prinsip akad wadiah. Untuk menarik minat nasabah, BTN Syariah menawarkan produk tabungan yang menarik yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan akad wadiah pada Tabungan Batara iB dan bagaimana Prosedur pengajuannya di PT. Bank Tabungan Negara (BTN) Kantor Cabang Syariah Semarang.
Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi langsung di BTN Syariah Semarang dan metode wawancara dengan Mengumpulkan data melalui tanya jawab dengan pihak Karyawan BTN Syariah serta dokumentasi BTN Syariah yang berupa Sejarah berdirinya BTN Syariah, Visi dan Misi, Struktur Organisasi, serta produk dan jasa yang ditawarkan oleh BTN Syariah.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan akad wadiah yang di terapkan pada Tabungan Batara di BTN KCS Semarang yaitu Akad Wadi’ah yad dhamanah. Namun akad wadiah itu mempunyai dua prinsip yaitu Wadi’ah yad dhamanah dan wadi’ah yad amanah, maka dalam operasionalnya BTN KCS Semarang menggunakan akad wadi’ah yad dhamanah yang mana pihak Nasabah datang ke BTN Syariah untuk menitipkan barang atau menyetorkan uangnya ke bank. Kemudian pihak yang dititipi bertanggung jawab atas keutuhan harta titipan sehingga ia boleh memanfaatkan harta titipan tersebut tanpa ada imbalan apapun. Bank dapat memberikan imbalan kepada penitip dalam bentuk bonus. Tinjauan syariah akad wadi’ah sudah sesuai prinsip syariah, yang diperjelas adanya rukun dan syarat, serta didasari dengan adanya Fatwa DSN NO.02/DSN-MUI/IV/2000 yang memutuskan tentang Tabungan, ketentuan umum tabungan bersadarkan Mudharabah dan Ketentuan umum tabungan bersadarkan Wadiah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bank Syariah; Akad Wadi’ah Yad Dhamanah; Tabungan Batara iB
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 24 Feb 2020 10:57
Last Modified: 05 Jun 2021 02:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10640

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics