Penerapan akad mudharabah muthlaqah pada produk tabungan haji dan umroh iB di PT. Bank BTN Syariah Kantor Cabang Syariah Semarang

Aryanti, Titik (2019) Penerapan akad mudharabah muthlaqah pada produk tabungan haji dan umroh iB di PT. Bank BTN Syariah Kantor Cabang Syariah Semarang. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of tugas akhir_1605015010_lengkap]
Preview
Text (tugas akhir_1605015010_lengkap)
1605015010_TUGAS AKHIR.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan peminat pelaksana Haji dan Umroh dari tahun ke tahun meningkat, dapat diamati dari kuota pemberangkatan atau masa tunggu yang semakin hari semakin lama. Mengingat bertambah peminat haji setiap tahun meningkat sehingga menyebabkan waktu tunggu semakin lama. Sehingga, Untuk membantu calon jamaah yang ingin menunaikan kewajiban rukun Islam yang ke lima, salah satu bank syariah yaitu PT. Bank BTN Syariah lembaga keuangan menciptakan produk untuk para calon jamaah dengan memberikan fasilitas produk Tabungan BTN Haji dan Umroh iB di Bank BTN Syariah dengan Akad Mudharabah Mutlaqoh.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana penerapan akad mudharabah mutlaqah pada tabungan haji dan umroh pada PT. Bank BTN Syariah KCS Semarang, bagaimana alur pembukaan rekening sampai penutupan rekening tabungan haji dan umroh pada PT. Bank BTN Syariah KCS Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk memamparkan hasil dari rumusan masalah yang tesebut di atas.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang lebih menekankan pada aspek pemahaman secara mendalam pada suatu masalah. Sumber data pada penelitian ini berasal dari data primer dan data sekunder diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, maka penulis merumuskan kesimpulan mengenai penerapan Akad Mudharabah Mutlaqah pada tabungan haji dan umroh PT.Bank BTN Syariah KCS Semarang sudah melaksanakan sesuai dengan syariat islam, dan sudah memberikan penjelasan kepada nasabah yang masih belum paham tentang adanya akad mudharabah muthlaqah yang terdapat di dalam tabungan haji dan umroh atau bahkan adanya nisbah didalam Akad Mudharabah Muthlaqah yang nasabah tidak mengetahuinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Mudharabah Muthlaqah; Tabungan Haji dan Umroh; PT. Bank BTN KC Semarang
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 25 Feb 2020 00:53
Last Modified: 05 Jun 2021 01:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10641

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics