Aplikasi penunjang pembiayaan elektronik (APPEL) dalam pembiayaan mikro Bank BRI Syariah KCP Pati

Rasyid, Majid Nur (2019) Aplikasi penunjang pembiayaan elektronik (APPEL) dalam pembiayaan mikro Bank BRI Syariah KCP Pati. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of tugas akhir_1605015027_lengkap]
Preview
Text (tugas akhir_1605015027_lengkap)
1605015027_TUGAS AKHIR.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembiayaan merupakan salah satu fungsi lembaga keuangan dalam hal menyalurkan dana kepada pihak yang membutuhkan dana. Untuk pihak perbankan, pembiayaan berfungsi untuk memperoleh penghasilan hasil dari margin pengembalian pinjaman tersebut. Masyarakat pun juga memerlukan pembiayaan demi tercapainya tujuan baik itu dalam keperluan konsumsi, investasi maupun modal bagi usahanya. Kecepatan pencairan pinjaman tentunya akan mempengaruhi penilaian masyarakat terhadap perbankan dikarenakan masyarakat memerlukan dana dalam waktu yang mendesak.
Adanya kemajuan dalam bidang teknologi tentunya berpengaruh besar dalam operasional perbankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur pembiayaan mikro di Bank BRISyariah dana bagaimana peran teknologi dalam operasional perbankan khususnya dalam pemrosesan pembiayaan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian di lakukan di Bank BRISyariah Kantor cabang pembantu Pati. Sumber data diperoleh dari data primer dan sekunder dan data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi, selanjutnya data yang telah terkumpul di analisis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif.
Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa teknologi sangat berperan dalam mempercepat mekanisme pembiayaan di Bank BRISyariah, Teknologi yang digunakan Bank BRISyariah adalah APPEL, aplikasi ini mempermudah sekaligus mempercepat proses pembiayaan. Mempermudah yaitu dalam menganalisa pengajuan pembiayaan dan mempercepat karena langsung terhubung ke internet sehingga tidak perlu datang langsung untuk meminta persetujuan pembiayaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bank Islam; Bank Syariah; Bank dan Perbankan; Bank Tabungan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 25 Feb 2020 01:20
Last Modified: 05 Jun 2021 03:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10649

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics