Penerapan aplikasi Fintech pada produk tabungan di BMT Marhamah cabang Leksono Wonosobo

Kumaladewi, Amelia Martha (2019) Penerapan aplikasi Fintech pada produk tabungan di BMT Marhamah cabang Leksono Wonosobo. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tugas Akhir_1605015060_Lengkap]
Preview
Text (Tugas Akhir_1605015060_Lengkap)
1605015060.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Persaingan di dunia keuangan era digital ini, membuat BMT Marhamah Cabang Leksono Wonosobo terus mengembangkan sayapnya mengikuti perkembangan yang ada, yaitu salah satunya dengan menggunakan aplikasi berbasis fintech untuk proses penarikan pada produk tabungan. Namun, aplikasi ini masih terbatas penggunaannya, dalam artian untuk saat ini hanya AO / marketing yang dapat menggunakannya untuk proses penarikan / setoran tabungan kepada anggota / nasabahnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan aplikasi fintech pada produk tabungan di BMT Marhamah Cabang Leksono Wonosobo, dan apa hambatan penggunaan aplikasi fintech pada produk tabungan di BMT Marhamah Cabang Leksono Wonosobo sesuai dengan hasil yang penulis teliti. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research), dimana sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Sedangkan metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis bahwa Aplikasi Rowasia sejauh ini digunakan untuk penyetoran tabungan para anggota / nasabah BMT Marhamah Cabang Leksono Wonosobo. Namun untuk kedepannya, pihak BMT sendiri sedang merencanakan penciptaan aplikasi yang bernama Aplikasi Pay BMT di tahun 2019 ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bank Islam; Bank Muamalat; Aplikasi Fintech
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 25 Feb 2020 02:46
Last Modified: 05 Jun 2021 02:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10661

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics