Ijarah multijasa sebagai alternatif pengganti akad mudharabah dalam pembiayaan modal kerja di KSPPS BMT Marhamah cabang Garung Wonosobo

Situmorang, Rizaini Ade Tiara (2019) Ijarah multijasa sebagai alternatif pengganti akad mudharabah dalam pembiayaan modal kerja di KSPPS BMT Marhamah cabang Garung Wonosobo. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tugas Akhir_1605015071_Lengkap]
Preview
Text (Tugas Akhir_1605015071_Lengkap)
1605015071.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Meskipun pembiayaan dengan akad mudhrabah dikatakan sebagai suatu yang ideal untuk lembaga keuangan syariah, tidak lantas membuat akad mudharabah menjadi skema pembiayaan yang utama. Karena berdasarkan apa yang penulis lihat saat ini, di KSPPS BMT Marhamah Cabang Garung Wonosobo pembiayaan dengan akad mudharabah malah tidak diterapkan. KSPPS BMT Marhamah Cabang Garung Wonosobo menilai terlalu banyak kendala yang menyebabkan pembiayaan modal kerja dengan akad mudharabah susah untuk dipasarkan. Sehingga sebagai solusinya KSPPS BMT Marhamah Cabang Garung Wonosobo menerpkan ijarah multijasa sebagai alternatif penggantinya.
Berdasarkan uraian tersebut maka penulis ingin mengetahui mengapa KSPPS BMT Marhamah Cabang Garung Wonosobo tidak menerapkan akad mudharabah dalam pembiayaan modal kerja, kemudian bagaimana implementasi ijarah multijasa sebagai alternatif pengganti akad mudharabah dalam pembiayaan modal kerja di KSPPS BMT Marhamah Cabang Garung Wonosobo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan dilakukan di KSPPS BMT Marhamah Cabang Garung Wonosobo. Pengumpulan data-data diperoleh dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi serta menggunakan analisis data deskriptif. Berdasarkan uraian permasalahan diatas, maka ditemukan bahwa penyebab tidak diterpkannya pembiayaan dengan akad mudharabah dalam pembiayaan modal kerja di KSPPS BMT Marhamah Cabang Garung Wonosobo ialah dikarenakan akad tersebut dinilai terlalu beresiko tinggi, tidak efektif dan tidak efesien untuk diterapkan di daerah tempat dimana KSPPS BMT Marhamah Cabang Garung beroprasi. Sedangkan pengimplementasian akad ijarah multijasa sebagai alternatif pengganti akad mudharabah dalam pembiayaan modal kerja ternyata dalam mekanisme pembiayaannya, belum sepenuhnya sesuai dengan ketentuan Fatwa DSN-MUI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bank Islam; Jual Beli (Islam); Ijarah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 25 Feb 2020 02:59
Last Modified: 05 Jun 2021 04:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10663

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics