Standar operasional prosedur customer service dalam meningkatkan kepuasan anggota di BMT Al-Hikmah Ungaran

Zulaechah, Shella (2019) Standar operasional prosedur customer service dalam meningkatkan kepuasan anggota di BMT Al-Hikmah Ungaran. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tugas Akhir_1605015104_Lengkap]
Preview
Text (Tugas Akhir_1605015104_Lengkap)
1605015104.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sebagai lembaga keuangan mikro syariah yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa di BMT AL-HIKMAH Kantor Pusat Ungaran yang ingin selalu menjaga eksistensinya dengan senantiasa memberikan pelayanan terbaik sehingga anggota akan merasa puasa dan loyal.
Agar dapat terlaksananya tujuan tersebut tentunya harus ada sumber daya manusia atau pelaku yang dimaksud adalah seorang Customer Service. BMT AL-HIKMAH Kantor Pusat Ungaran mempunyai standar pelayanan terhadap karyawannya melalui Standar Operasional Prosedur yang diberikan. Salah satu petugasnya adalah Customer Service yang dituntut untuk memberikan pelayanan terbaik sesuai Standar Operasional Prosedur yang telah ditetapkan BMT AL-HIKMAH Kantor Pusat Ungaran. Yang menjadi permasalahan dalam peneitian ini adalah bagaimana sistem Standar Operasional Prosedur Customer Service di BMT AL-HIKMAH Kantor Pusat Ungaran dan adakah pengaruh penerapan Standar Operasional Prosedur Customer Service terhadap kepuasaan anggota di BMT AL-HIKMAH Kantor Pusat Ungaran.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan mengambil lokasi penelitian di BMT AL-HIKMAH Kantor Pusat Ungaran dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data-data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder yang diperoleh dengan menggunakan metode interview (wawancara) dengan Customer Service, dokumentasi, observasi dan metode angket (kusioner). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Customer Service sudah memberikan pelayananya sesuai dengan Standar Operasional Prosedur yang telah di tetapkan BMT AL-HIKMAH Kantor Pusat Ungaran, da pelayanan Customer Service sangat berpengaruh terhadap kepuasaan anggota dan hubungan baik antara BMT AL-HIKMAH dengan anggota nya, tetapi tetap perlu adanya peningkatan kualitas dan diperbaruui di masa yang akan datang disesuaikan dengan perubahan yang ada didalam perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Layanan konsumen; Customer service; Standar Operasional Prosedur; Bank Muamalah wa Tamwil (BMT)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 25 Feb 2020 06:36
Last Modified: 05 Jun 2021 05:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10671

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics