Penerapan prinsip 5C pada pembiayaan iB multiguna di Bank Jateng Syariah Cabang Pembantu Salatiga

Umami, Rohmatul (2019) Penerapan prinsip 5C pada pembiayaan iB multiguna di Bank Jateng Syariah Cabang Pembantu Salatiga. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tugas Akhir_1605015051 _Lengkap]
Preview
Text (Tugas Akhir_1605015051 _Lengkap)
1605015051.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian Penerapan Prinsip 5C pada pembiayaan iB multiguna di Bank jateng syariah cabang pembantu salatiga. Pada pembiayaan iB multiguna di Bank jateng syariah cabang pembantu salatiga ini menggunakan prinsip kehati -hatian melalui analisis 5C dalam melakukan suatu pembiayaan terhadap nasabah. Prinsip 5C tersebut yakni Character, capacity, capital, Collateral, Condition. Dengan adanya prinsip kehati - hatian dengan prinsip 5C , bank akan lebih mendapatkan risiko kecil terhadap pembiayaan bermasalah. Upaya pencegahan pembiayaan bermasalah dengan melakukan analisis pembiayaan menggunakan prinsip 5C menjadi penting karena peranan dari setiap unsur - unsur penilaian terhadap permohonan pembiayaaan. Pelaksanaan adanya prinsip kehati - hatian dengan prinsip 5C dalam pembiayaan ini diharapkan nantinya dapat memenuhi harapan Bank jateng syariah cabang pembantu salatiga.
Deskripsi data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif, dengan metode pengumpulan data adalah wawancara, dokumentasi yang berhubungan dengan peneitian ini dan analisis dokumen - dokumen perusahaan.
Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis di Bank Jateng Syariah Cabang pembantu salatiga dapat disimpulkan Bahwa Penerapan prinsip 5C sangat berpengaruh sekali terhadap pembiayaan iB multiguna jika bank akan melakukan suatu pemberian pembiayaan yang akan diberikan kepada nasabah. Pembiayaan yang baik dengan cara pembiayaan tersebut dilakukan dengan prinsip kehati-hatian dengan prinsip 5C maka akan terjadinya pembiayaan yang lancar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan; iB Multiguna; Bank syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 25 Feb 2020 06:44
Last Modified: 05 Jun 2021 04:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10676

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics