Strategi pemasaran dalam penghimpunan dana produk simpanan ummat dengan akad wadiah yad adh dhamanah di KSPPS Marhamah Cabang Watumalang

Lestari, Chitra Dini (2019) Strategi pemasaran dalam penghimpunan dana produk simpanan ummat dengan akad wadiah yad adh dhamanah di KSPPS Marhamah Cabang Watumalang. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tugas Akhir_1605015080_Lengkap]
Preview
Text (Tugas Akhir_1605015080_Lengkap)
1605015080.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Strategi Pemasaran Dalam Penghimpunan Dana Produk Simpanan Ummat Dengan Akad Wadiah Yad Adh Dhamanah di KSPPS Marhamah Cabang Watumalang (dengan pembimbing Drs. H. Hasyim Syarbani, M.M).
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan menabung merupakan kebutuhan bagi masyarakat sekarang dan tabungan merupakan bentuk simpanan anggota yang bersifat likuid, ini berarti pada produk ini dana anggota dapat diambil sewaktu-waktu apabila anggota membutuhkan. Simpanan merupakan sumber dana yang cukup potensial, dalam mempertahankan dan meningkatkan dana yang dimiliki KSPPS Marhamah cabang Watumalang, ini merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh KSPPS Marhamah Watumalang bagaimana mampu menarik minat masyarakat agar bersedia mempercayakan dananya kepada KSPPS Marhamah Watumalang. Untuk menghimpun dana dari masyarakat diperlukan strategi pemasaran yang baik agar dapat mencapai target yang diinginkan.
Dalam Tugas akhir ini penulis akan membahas tentang bagaimana prosedur operasional produk Simpanan Ummat dengan akad Wadiah Yad Dhamanah dan bagaimana strategi pemasaran yang dapat digunakan dalam penghimpunan dana produk Simpanan Ummat dengan akad Wadiah Yad Dhamanah di KSPPS Marhamah cabang Watumalang.
Pada tugas akhir ini jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan ( field research) dengan metode pendekatan kualitatif. Adapun metode pengumpulan data dapat dilakukan dengan metode wawancara dengan karyawan KSPPS Marhamah cabang Watumalang, observasi secara langsung terhadap objek tertentu yang menjadi fokus penelitian dan mengetahui suasana kerja dan mencatat segala sesuatu yang berhubungan dengan produk Simpanan Ummat pada KSPPS Marhamah cabang Watumalang dan dokumentasi yang berhubungan dengan penelitian ini.
Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis di KSPPS Marhamah dapat disimpulkan sebagai berikut: ada beberapa prosedur operasional yang berkenaan dengan produk simpanan ummat ini yaitu prosedur pembukaan rekening, penyetoran, penarikan dan penutupan. Strategi yang dilakukan oleh KSPPS Marhamah sudah efisien dan efektif yaitu dengan memberikan pelayanan yang prima, melakukan kegiatan promosi seperti menyebarkan brosur, strategi jemput bola, strategi Door to Door dan strategi dari mulut ke mulut. Ada 4 faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam pemasaran simpanan ummat yaitu strategi produk, strategi harga, strategi distribusi/place dan strategi promosi. Selanjutnya ada beberapa kendala yang dihadapi KSPPS Marhamah dalam memasarkan produk in dan yang terakhir penulis menyajikan kelebihan KSPPS Marhamah cabang Watumalang dari sisi Simpanan Ummat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jual Beli (Islam); Bank Islam; Bank Syariah; Bank dan Perbankan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 26 Feb 2020 01:51
Last Modified: 05 Jun 2021 03:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10690

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics