Problematika hukum tenaga kerja wanita (TKW) dalam membangun keluarga sakinah di desa Plukaran Gembong Pati

Maknunah, Lu’lu’il (2019) Problematika hukum tenaga kerja wanita (TKW) dalam membangun keluarga sakinah di desa Plukaran Gembong Pati. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1402016147_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1402016147_Lengkap)
1402016147.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keinginan wanita untuk membantu dan memperbaiki perkeonomian keluarga. Namun di balik itu ada problem yang harus dihadapi TKW karena ada dampak positif dan negatif yang harus dihadapi TKW yang ada di Desa Plukaran Gembong Pati sebagai implikasinya. Penelitian ini dilihat dari sudut pandang hukum Islam tentang hak dan kewajiban istri.
Rumusan masalah yang dibahas yaitu; 1) Bagaimanakah problematika hukum tenaga kerja wanita (TKW) dalam membina keluarga sakinah di Desa Plukaran Gembong Pati? 2) Bagaimanakah pandangan hukum Islam terhadap dampak tenaga kerja wanita (TKW) yang meninggalkan keluarga di Desa Plukaran Gembong Pati?
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan field research normatif empirik dengan metode kualitatif. Untuk mengumpulkan data menggunakan metode wawancara. Setelah data terkumpul kemudian data tersebut dianalisis dengan teknik analisis deskriptif.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah; 1) Problematika hukum tenaga kerja wanita (TKW) dalam membina keluaga sakinah di Desa Plukaran Gembong Pati meliputi banyak hal, diantaranya adalah tentang pemenuhan hak dan kewajiban bersama suami istri yang tidak dapat dilaksanakan dengan sepenuhnya, karena jarak dan waktu yang memisahkan. Sedangkan karena desakan ekonomi dan beberapa hal membuat seorang istri memutuskan untuk menjadi seorang TKW dengan harapan dapat memulihkan ekonomi mereka untuk masa depan yang lebih baik, namun dengan konsekuensi harus meninggalkan suami dan anak. Islam memang tidak menghalangi wanita untuk bekerja, selama seorang istri masih bisa menjalankan kewajibannya dan tidak melanggar syariat agama. 2) Ada tiga dampak tenaga kerja wanita (TKW) yang meninggalkan keluarga di Desa Plukaran Gembong Pati yaitu: a) dampak sosial bagi keluarga TKW, b) dampak ekonomi bagi keluarga, dan c) dampak TKW terhadap Anak. Ketiga dampak tersebut mempunyai dampak positif dan negatif

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kehidupan berkeluarga; Kesejahteraan keluarga; Tenaga Kerja Wanita
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 26 Feb 2020 07:27
Last Modified: 26 Feb 2020 07:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10707

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics