Tinjauan hukum pidana Islam terhadap residivis pidana pencurian di lapas kelas II.A Kabupaten Kendal tahun 2016

Mansyurudin, Abid (2019) Tinjauan hukum pidana Islam terhadap residivis pidana pencurian di lapas kelas II.A Kabupaten Kendal tahun 2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_122211016_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_122211016_Lengkap)
122211016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Residivis Pencurian di Kabupaten kendal mengalami kenaikan yang sangat signifikan, hal tersebut terlihat dari data yang diperoleh di Lapas Kelas II.A Kabupaten Kendal. Pada tahun 2014 sebanyak 18 orang narapidana, lalu pada tahun 2015 mencapai 24 orang narapidana, pada tahun 2016 mencaai 35 orang narapidana, sedangkan pada bulan Januari tahun 2017(Januari-April) sebanyak 39 orang yang menghuni Lapas Kelas II.A Kendal. Di sini terlihat jelas bahwa pada tahun 2016 merupakan paling banyak jumlah tahanan residivis penghuni Lapas Kelas II.A Kendal.
Adapun tujuan dari penulisan skripsi yakni untuk mengetahui faktor apa yang menjadi latar belakang seseorang menjadi residivis tindak pidana pencurian di Lapas Kelas II.A Kabupaten kendal. Serta bagaimana pandangan hukum pidana islam terhadap residivis pidana pencurian.
Jenis penelitian ialah field researh (penelitian lapangan). Sumber data dalam penelitian ini adalah pegawai Lapas kelas II.A Kabupaten Kendal bidang Kepala seksi BINADIK serta wawancara dengan terpidana residivis tindak pidana pencurian. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Sedangkan meotde analisis yang digunakan bersifat deskriptif analisis dalam penelitian ini akan diperoleh gambaran mengenai sebab-sebab terjadinya Kekerasan Dalam Rumah Tangga di Lapas Kelas II.A Kabupaten Kendal dan menelaah buku-buku serta referensi-referensi yang relevan dengan permasalahan.
Dari hasil Penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa Etiologi residivis pencurian di Lapas Kelas II.A Kabupaten Kendal antaralain Faktor Ekonomi, Pendidikan, Penegakan Hukum, lingkungan, Perkembangan Global serta Faktor Individu. Hukum islam memberikan tambahan hukuman jika pelaku pencurian mengulangi kejahatannya kembali. Tetapi memberikan hukuman sesuai dengan jinayah sebelumnya. Akan tetapi dalam pemberian hukuman kepada terpidana residivis pencurian sangat memberikan efek jera bagi pelaku ataupun orang yang tidak melakukannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum Pidan (Islam); Residivis
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.272 Islam and politics, fundamentalism
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 27 Feb 2020 06:03
Last Modified: 27 Feb 2020 06:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10718

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics