Analisis terhadap implementasi pembiayaan ijarah berdasarkan fatwa DSN-MUI NO. 09/DSN-MUI/IV/2000 tentang pembiayaan ijarah : studi kasus di KSPPS Fastabiq Khoiro Ummah Cabang Cepu

Mukminatun, Mekar Arum (2019) Analisis terhadap implementasi pembiayaan ijarah berdasarkan fatwa DSN-MUI NO. 09/DSN-MUI/IV/2000 tentang pembiayaan ijarah : studi kasus di KSPPS Fastabiq Khoiro Ummah Cabang Cepu. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_122311073_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_122311073_Lengkap)
122311073.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dewan Syari’ah Nasional dan Majelis Ulama Indonesia pada tanggal 13 April 2000 menetapkan fatwa DSN-MUI No. 09/DSN-MUI/IV/2000 tentang pembiayaan ijarah. Fatwa tersebut menjelaskan bahwa spesifikasi manfaat harus dinyatakan dengan jelas, termasuk jangka waktunya, namun dalam implementasinya, KSPPS Fastabiq Khoiro Ummah Cabang Cepu di dalam akad ijarah yang tertulisnya ada yang janggal. Berdasarkan latar belakang permasalahan tersebut maka dapat diambil rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana prosedur pelaksanaan pembiayaan ijarah di KSPPS Fastabiq Khoiro Ummah Cabang Cepu?. 2) Bagaimana mekanisme implementasi pembiayaan ijarah berdasarkan Fatwa DSN-MUI No. 09/DSN-MUI/IV/2000 tentang pembiayaan ijarah?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami secara jelas bagaimana prosedur pelaksanaan pembiayaan ijarah di KSPPS Fastabiq Khoiro Ummah Cabang Cepu serta memahami dan meneliti bagaimana mekanisme implementasi pembiayaan ijarah di KSPPS Fastabiq Khoiro Ummah Cabang Cepu.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) yang mengambil objek di KSPPS Fastabiq Khoiro Ummah Cabang Cepu dengan pendekatan penelitian hukum normatif empiris yaitu penelitian yang dimaksudkan untuk memahami hubungan dan keterkaitan antara aspek-aspek hukum dengan realita pelaksanaan di KSPPS Fastabiq Khoiro Ummah Cabang Cepu. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data terdiri dari data primer yaitu hasil wawancara dari manager cabang, Customer Service dan Back Officer (CSBO) dan Relationship Officer (RO), dan data sekunder yaitu berupa jurnal penelitian, brosur, Rapat Akhir Tahunan (RAT) dan profil KSPPS Fastabiq Khoiro Ummah Cabang Cepu. Setelah data-data terkumpul, penulis menganalisisnya dengan metode analisis deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik prosedur pembiayaan ijarah yang terjadi di KSPPS Fastabiq Khoiro Ummah Cabang Cepu sudah sesuai dengan ketentuan syara’ dan mekanisme implementasi ketentuan objek ijarah yang tertuang dalam akad ijarah antara anggota dengan KSPPS Fastabiq Khoiro Ummah Cabang Cepu sudah sesuai dengan ketentuan objek ijarah yang terdapat dalam Fatwa DSN Nomor 09/DSN-MUI/IV/2000 tentang pembiayaan ijarah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan; Ijarah; KSPPS; Fatwa DSN-MUI; Hukum ekonomi syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 27 Feb 2020 07:04
Last Modified: 27 Feb 2020 07:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10733

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics