Tinjauan hukum Islam terhadap ganti rugi kerusakan mobil rental : studi kasus di CV PKL CAR Rental Semarang

Hilmi, M Yazid Masdar (2019) Tinjauan hukum Islam terhadap ganti rugi kerusakan mobil rental : studi kasus di CV PKL CAR Rental Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_122311081_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_122311081_Lengkap)
122311081.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (853kB) | Preview

Abstract

Dalam kehidupan social banyak interksi yang dilakukan oleh manusia, dan dari sekian banyak bentuk interaksi dan tolong-menolong adalah sewa menyewa (Ijaroh). Tentunya ketika manusia berinteraksi satu sama lainnya tidak menutup kemungkinan akan saling mendapatkan keuntungan dan kerugian, apalagi sewa menyewa pada barang pakai seperti penyewaan di rental mobil. Permasalahan yang diambil dalam penelitian disini adalah tinjauan hukum Islam terhadap ganti rugi kerusakan mobil rental di CV PKL CAR rental Semarang.
Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun metode analisis data dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif yaitu metode yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendiskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan akad sewa menyewa yang ada di PKL Car Rental sudah sesuai dengan Hukum Islam. Baik dari segi rukun maupun syaratnya, walapun masih terdapat sedikit yang belum sesuai seperti pembayaran sewa di awal padahal hasilnya juga belum dapat diketahui dan juga dapat berpotensi gharar, namun hal tersebut bisa dimaklumi dengan sebagai prinsip kehati-hatian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum ekonomi Islam: Ijarah; Ganti rugi; Rental mobil
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 27 Feb 2020 07:05
Last Modified: 27 Feb 2020 07:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10734

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics