Anggraeni, Mega Dwi (2019) Analisis hukum Islam terhadap perlombaan burung berkicau di Bird Mania Club (BMC) Desa Kaligading Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_132311098_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_132311098_Lengkap)
132311098.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perlombaan burung berkicau sering diadakan di Gantangan Bird Mania Club Desa Kaligading, setiap peserta yang ikut dalam perlombaan harus membeli tiket tergantung kelas kategori burung yang akan dilombakan. Harga tiket untuk setiap kelas kategori dan event pun berbeda-beda. Semakin tinggi kelasnya, semakin besar pula harga tiketnya, begitu juga untuk hadiah yang diterima oleh pemenang. Menurut data sementara yang penulis temukan, hadiah yang diberikan kepada pemenang adakalanya diberikan secara penuh, adakalanya juga diberikan tidak penuh. Hal ini ditentukan berdasarkan jumlah peserta yang mengikuti perlombaan. Selain itu, dana perlombaan tersebut adalah hasil penjualan tiket dari para peserta. Pada dasarnya, Islam tidak melarang suatu perlombaan dengan syarat tidak melanggar aturan-aturan syari’at. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan lomba burung berkicau berhadiah di Bird Mania Club dan Bagaimana menurut hukum Islam.
Metode teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, wawancara terlebih dahulu penulis melakukan pengamatan langsung ke lokasi penelitian guna melihat secara dekat yang terjadi. Penelis melakukan wawancara dengan pihak anggota Bird Mania Club dan pemain dan penonton sehingga diperoleh data yang kuat. Dalam penelitian skripsi ini penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (Field research) adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, wawancara, dan observasi. Sedangkan metode analisis menggunakan metode deskriptif.
Hasil penelitian di Bird Mania Club Desa Kaligading kecamatan Boja kabupaten Kendal sudah sesuai dengan ketentuan rukun dan syarat perlombaan berhadiah, merupakan adu kualitas kicauan atau nyanyian burung berkicau yang tidak menyakiti fisik hewan tersebut. Dalam pemberian hadiah di Bird Mania Club, hadiah yang diberikan belum sesuai dengan hukum Islam. karena hadiah yang diberikan kepada pemenang masih mengandung unsur maysir, adanya maysir dilihat dari sumber dana hadiah yang diberikan oleh para peserta, yaitu uang yang digunakan untuk hadiah tersebut berasal dari uang pendaftaran peserta, hal ini mengindikasikan adanya unsur maysir dalam perlombaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Lomba burung berkicau; Perjudian; Maysir; Hukum ekonomi Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 27 Feb 2020 07:10
Last Modified: 27 Feb 2020 07:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10738

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics