Studi analisis terhadap praktek akad jual beli dalam pemesanan kusen di PD. Sarifuddin Jaya Ngaliyan Semarang

Nurhasanah, Nurhasanah (2019) Studi analisis terhadap praktek akad jual beli dalam pemesanan kusen di PD. Sarifuddin Jaya Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_132311099_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_132311099_Lengkap)
132311099.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Akad istishna’ialah kontrak/transaksi yang disepakati bersama antara pemesan dan produsen untuk pembuat suatu jenis barang tertentu atau suatu perjanjian jual beli di mana barang yang akan diperjual-belikan belum ada. Praktek tersebut juga terjadi di PD Sarifuddin Jaya akan tetapi ada pemesan yang merasa kecewa, karena hasil yang diminta tidak sesuai dengan hasil yang dipesan.
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah. Apa Faktor terjadinya kesalahan Akad Jual Beli dalam pemesanan kusen di PD Sarifuddin Jaya. Bagaimana Analisis Hukum Islam Terhadap Praktek akad Jual beli dalam pemesanan kusen di PD Sarifuddin Jaya, dalam penelitian skripsi ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif lapangan (field research) Yang bersifat deskriptif analitik, adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, wawancara, dan observasi. Sedangkan metode analisisnya menggunakan normatif empiris dengan pendekatan yuridis empiris atau sosiologi hukum yaitu mengimplementasikan ketentuan hukum normatif (undang-undang) pada peristiwa hukum yang terjadi di masyarakat.
Hasil dalam penelitian yang pertama: faktor terjadinya kesalahan pemesanan di PD.Sarifuddin Jaya, konsumen diberikan kebebasan dalam menentukan kriteria barang harus sesuai dengan catatan yang jelas, apabila ada kesalahan pihak produsen harus mengembalikan uang muka, dan menurunkan harganya sesuai dengan kesepakatan. Kedua: Analisis Hukum Islam perlu adanya khiyar artinya pembeli boleh mengembalikan barang yang dibelinya apabila tidak sesuai pemesanan dan atau harus adanya ganti rugi perbaikan garansi yang diberikan tidak hanya yang berkualitas saja. Agar jual beli yang dilakukan antara penjual dan pembeli saling ridha.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Akad Jual Beli (Islam)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 27 Feb 2020 07:11
Last Modified: 27 Feb 2020 07:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10739

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics