Studi analisis hisab awal waktu salat dalam kitab Tibyān Al- Murīd

Rosyid, Fathan Zainur (2019) Studi analisis hisab awal waktu salat dalam kitab Tibyān Al- Murīd. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1402046031_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1402046031_Lengkap)
1402046031.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Begitu banyak ulama’, cendekia, hingga praktisi yang menyusun kitab Falak,utamanya penentuan awal waktu salat. Hal itu juga dilakukan oleh Ali Musthofa. Seorang pengajar Falak di Pondok Pesantren Al-Falah Ploso ini banyak menelurkan kitab, salah satu diantaranya Tibyān al - Murīd . Kitab Tibyān al - Murīd ini menjadi menarik untuk dikaji karena pertama dalam perhitungan waktu salat pada kitab Tibyān al- Murīd menggunakan data Julian day (JD) hal ini berbeda dengan metode perhitungan kitab lain yang tidak menggunakan data JD, semisal: Al-Durūsu al- Falakiyah,Tibyān al- Miqāt, Metode al –Qathru. . Kedua dalam kitab Tibyān al- Murīd menggunakan Deklinasi (Dek) dan Equation of Time (EQ) tidak mengambil dari ephimeris melainkan menggunakan rumus tertentu. Hal itu memungkinkan mempengaruhi keakurasian hasil perhitungan awal waktu. Penelitian ini membahas mengenai: 1.) Bagaimana Analisis Penentuan Awal Waktu Salat Dalam Kitab Tibyān al- Murīd, dan 2.) Bagaimana Analisis keakurasian hisab awal waktu salat dalam kitab Tibyān al- Murīd.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan penelitian kepustakaan (Library Research) yaitu dengan mengkaji dan menganalisis terhadap kitab Tibyān al - Murīd. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu : wawancara, dan dokumentasi. Adapaun data primer diperoleh langsung dari Tibyān al- Murīd, hasil wawancara dengan pengarang kitab tersebut yaitu Ali Musthofa. Sedangkan data sekunder berasal dari literatur dan dokumen berupa buku, tulisan, makalah dan penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan obyek penelitian. Data diolah dan dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analitis. Penulis juga melakukan uji akurasi menggunakan sistem Ephimeris
Penelitian ini menghasilkan dua temuan. Pertama, kitab Tibyān al - Murīd merupakan penentuan yang menggunakan jam istiwa’, kemudian diubah menggunakan rumus selisih. Perhitungan awal waktu sholat dalam kitab ini termasuk perhitungan kontemporer. Equestion of Time (EQ) dan Deklinasi Matahari (DM) tidak perlu mengambil dari data yang lain, sudah disediakan rumus untuk mencari kedua data tersebut sehingga lebih praktis. Adapun rumus Equestion of Time (EQ) dan Deklinasi Matahari (DM) mengambil dari Jean Meeus. Adapun Keakuratan metode hisab awal waktu salat dalam buku Tibyān al - Murīd dibandingkan dengan sistem Ephimeris memiliki hasil yang tidak jauh berbeda selisihnya

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Awal Waktu Salat ; Tibyān al – Murīd ; Akurasi; Astronomi; Antariksa--Ilmu
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 29 Feb 2020 03:36
Last Modified: 29 Feb 2020 03:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10750

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics