Kelayakan POB di Teungku Chik Kuta Karang untuk rukyat hilal dalam pendekatan astronomi dan klimatologi

Sari, Indah Ayu (2019) Kelayakan POB di Teungku Chik Kuta Karang untuk rukyat hilal dalam pendekatan astronomi dan klimatologi. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1502046020_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1502046020_Lengkap)
1502046020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Rukyatul hilal sangatlah penting dalam penetapan bulan baru karena hasilnya sangat mempengaruhi ibadah umat muslim. Terutama ibadah puasa, idul fitri dan idul adha. Dalam menetapkan bulan baru, penampakan hilal dan lokasi rukyat sangatlah penting. Pada Setiap tahunnya, kementerian agama selalu menetapkan tempat rukyat hilal yang boleh digunakan sebagai tempat rukyat hilal dan hasilnya nanti akan dipertimbangkan pada sidang isbat. Salah satu tempat yang disahkan oleh kemenag adalah POB Teungku Chiek Kuta Karang yang terdapat di pesisir pantai barat, Lhoknga, Aceh. Oleh karenanya, setiap tempat observasi bulan harus memenuhi syarat dan kriteria tertentu sehingga dianggap layak dalam melaksanakan rukyat hilal. Dalam skripsi ini penulis mengkaji kelayakan tempat rukyat dari sisi astronomi dan klimatologisnya yang dibagi menjadi sembilan kriteria yaitu: topografi, ketinggian tempat, seeing, kecerahan langit, kecepatan angin, arah angin, temperatur, kelembapan, dan tekanan udara.
Adapun rumusan masalah yang penulis gunakan dalam skripsi ini yaitu untuk mengetahui mengapa POB Teungku Chiek Kuta Karang dipilih menjadi pusat observasi bulan oleh kanwil kemenag Aceh dan bagaimana tingkat kelayakan POB Teungku Chiek Kuta Karang sebagai tempat rukyatul hilal ditinjau berdasarkan astronomis dan klimatologi tempaknya.
Penelitian ini menggunakan field reseach. Penulis melakukan pengumpulan data dari pihak yang berkaitan, dengan wawancara dan dokumentasi. Data cuaca yang dimiliki Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan wawancara langsung kepada pihak pengurus POB Teungku Chiek Kuta Karang adalah sebagai data primer pada penelitian ini dan data sekunder diperoleh dari hasil rukyat hilal langsung, dokumentasi data lapangan dan literatur lain sebagai pendukung dalam mengetahui keadaan POB Teungku Chiek Kuta Karang secara jelas. Penelitian ini penulis analisis menggunakan teknik analisis observatif dan analisis deskriptif.
Dari rumusan masalah di atas, penulis mendapatkan hasil bahwa POB teungku Chiek Kuta Karang sudah lama dan layak untuk digunakan sebagai tempat rukyat hilal ini dibuktikan dengan tingkat keberhasilan rukyat hilal di sana. Walaupun sering kali terjadi hujan, angin kencang, penguapan udara dan kelembapn udara yang tinggi yang menumbuhkan awan dan kabut di ufuk dengan cepat pada musim-musim tertentu sehingga mengganggu dalam pengamatan rukyat hilal. Namun, sebagai tempat rukyat hilal POB Teungku Chiek Kuta Karang merupakan tempat yang strategis karena ufuk POB yang sudah memenuhi kriteria seluas 72°, melebihi azimuth 240° - 300° -menurut almanak hisab rukyat dengan tanpa adanya penghalang fikik seperi bangunan dan pegunungan, maupun non fisik seperti polusi cahaya dan udara. Adapun faktor astronomi dan klimatologinya sendiri, POB Teungku Chiek Kuta Karang memiliki hari cerah lebih dari 180 hari yang berarti masih baik untuk digunakan sebagai tempat rukyat. Begitupula curah hujan di POB Teungku Chiek Kuta karang dibawah 300 mm/tahun yang berarti curah hujan di POB masih termasuk kategori sedang. Adapun karena koordinat tempatnya, POB Teungku Chiek Kuta Karang termasuk ke dalam wilayah munson yaitu dengan batas wilayah 35° U - 25° S, dan 30° B - 170° T. hal ini menyebabkan POB ke dalam kategori unimodial atau memiliki hanya satu curah hujan saja, yaitu terjadi dari bulan November –

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Rukyat Hilal ; POB Teungku Chiek Kuta Karang ; Kelayakan Tempat ; Iklim; Astronomi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 29 Feb 2020 03:40
Last Modified: 29 Feb 2020 03:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10752

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics