Analisis hisab awal bulan kamariah dalam buku Pengembangan Hisab Taqribi Menjadi Hisab Tahkiki karya Ali Mustofa

Indriyani, Siti (2019) Analisis hisab awal bulan kamariah dalam buku Pengembangan Hisab Taqribi Menjadi Hisab Tahkiki karya Ali Mustofa. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1502046084_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1502046084_Lengkap)
1502046084.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Ilmu hisab dalam penentuan awal bulan kamariah memiliki peran yang sangat peting. Seiring dengan perkembangan zaman, dengan adanya kecanggihan teknologi dan perkembangan ilmu pengetahuan ilmu hisab pun mengalami perkembangan dari hisab klasik sampai pada hisab kontemporer. Penelitian ini membahas tentang buku Pengembangan Hisab Taqribi Menjadi hisab Tahkiki karya Ali Mustofa yaitu ahli falak yang berasal dari Kediri. Buku ini dijadikan sebagai penelitian, karena buku ini menyajikan proses hisab awal bulan Kamariah yang bermula dari hisab taqribi kemudian diolah menjadi hisab tahkiki yang hasilnya mendekati hasil hisab kontemporer. Selain itu, proses dalam mengerjakan hisab taqribi di dalam buku Pengembangan Hisab Taqribi sudah tidak berpatokan pada tabel seperti dalam kitab-kitab taqribi lainnya, melainkan sudah menggunakan rumus.
Dari latar belakang permasalahan di atas, penulis membuat dua rumusan masalah, 1) Bagaimana metode hisab awal bulan Kamariah dalam buku Pengembangan Hisab Taqribi Menjadi Hisab Tahkiki karya Ali Mustofa? Berapa besar akurasi hasil hisab awal bulan Kamariah dalam buku Pengembangan Hisab Taqribi Menjadi Hisab Tahkikikarya Ali Mustofa?.
Metodologi peneltian yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu menggunakan kajian kepustakaan (library research) atau kajian literatur dengan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu buku Pengembangan Hisab Taqribi Menjadi Hisab Tahkiki. Sedangkan data sekunder penulis menggunakan wawancara, buku-buku, jurnal serta tulisan karya ilmiah yang berhubungan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data, penulis menggunakan dokumen dan wawancara. Analisis data, penulis menggunakan pendekatan deskriptif analisis, yaitu menggambarkan metode hisab yang ada di dalam buku pengembangan hisab taqribi. Selain itu, penulis juga menggunakan analisis uji akurasi hasil perhitungan awal bulan Kamariah dalam Buku Pengembangan Hisab Taqribi Menjadi Hisab Tahkiki dengan perhitungan kontemporer (Ephemeris Kemenag RI).
Hasil penelitian menunjukkan pertama, metode hisab awal bulan Kamariah dalam buku Pengembangan Hisab Taqribi Menjadi Hisab Tahkiki sudah menggunakan metode hisab kontemporer, dengan data dan rumus yang sudah menampilkan proses hisab kontemporer. Kedua, hasil perhitungan dari buku karya ali Mustofa tersebut jika disandingkan dengan perhitungan kontemporer (Ephemeris Kemenag RI) hasilnya tidak terpaut jauh yaitu hanya kisaran detik dan menit yaitu rata-rata + 0-12 menit,dengan demikian, buku Pengembangan Hisab Taqribi Menjadi Hisab Tahkiki bisa digunakan sebagai pedoman untuk perhitungan awal bulan Kamariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hisab Taqribi ; Hisab Tahkiki ; Ali Mustofa ; Awal bulan Kamariah; Astronomi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 29 Feb 2020 03:42
Last Modified: 29 Feb 2020 03:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10754

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics