Pengaruh pelatihan, kejelasan tujuan dan dukungan atasan terhadap implementasi sistem keuangan desa (SISKEUDES) : studi kasus pada bagian keuangan Desa di Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus

Manasikana, Arina (2019) Pengaruh pelatihan, kejelasan tujuan dan dukungan atasan terhadap implementasi sistem keuangan desa (SISKEUDES) : studi kasus pada bagian keuangan Desa di Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1505046011_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1505046011_Lengkap)
1505046011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengelolaan keuangan yang baik harus mampu menghasilkan laporan keuangan yang sesuai dengan peraturan yang ditetapkan dan mampu menerapakan prinsip akuntabilitas. Pada tahun 2017 laporan keuangan desa di Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus masih banyak terjadi kesalahan dan kekurangan yang disebabkan oleh sumber daya manusia yang kurang cermat dalam menginput data dan karena adanya sistem baru yaitu sistem keuangan desa, meskipun sudah diadakan pelatihan dan sosialisasi. Maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi implementasi sistem keuangan desa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan, kejelasan tujuan dan dukungan atasan terhadap implementansi sistem keuangan desa di kecamatan Dawe kabupaten Kudus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan analisis linier berganda. Sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling, responden yang diambil dengan kriteria tertentu yaitu bagian keuangan desa di kecamatan Dawe kabupaten Kudus. Data yang digunakan adalah data primer yang didapatkan dengan menyebarkan kuesioner. kemudian data dianalisis menggunakan program SPSS versi 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap implementasi sistem keuangan desa. kejelasan tujuan berpengaruh positf dan signifikan terhadap implementasi sistem keuangan desa. sedangkan dukungan atasan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap implementasi sistem keuangan desa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sistem keuangan desa; Pelatihan; Kejelasan tujuan; Dukungan atasan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 02 Mar 2020 08:39
Last Modified: 03 Jun 2021 08:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10765

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics